Bisakah Orang Kristen Mengubah Hidupnya?

Kata Alkitab / 3 August 2023

Kalangan Sendiri

Bisakah Orang Kristen Mengubah Hidupnya?

Bella Tiurma Official Writer
1538

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” - Filipi 4 : 13 

Kata-kata tersebut berasal dari Rasul Paulus saat ia berbicara kepada jemaat di Filipi. Meskipun kata-kata itu awalnya ditujukan kepada mereka untuk menjelaskan bagaimana Paulus dapat melakukan segala sesuatu yang diperlukan untuk pelayanan kepada Tuhan. 

Namun makna dari Filipi 4:13 juga berlaku bagi kita saat ini. Ayat Alkitab yang mampu membawa kita ke dalam perubahan yang mendalam pada kehidupan. Mungkin ada beberapa orang yang salah mengartikannya dan meremehkan apa yang dikatakan oleh Paulus. 

Tetapi ayat tersebut merujuk pada semua hal yang telah dilakukan oleh Paulus. Dimana ia telah menyatakan bahwa hanya karena kekuatan Kristus saja dia dapat melakukan segala hal yang telah dia lakukan. 

Tak seorang pun yang memiliki kekuatan yang cukup untuk mencapai kehendak Allah bagi hidup mereka. Sebaliknya, kekuatan tersebut diberikan kepada kita melalui Tuhan. Sehingga dengan mengenal Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, maka kita akan diberikan tambahan kekuatan yang diperlukan untuk menghadapi segala situasi dan kondisi setiap harinya.

 

Baca Juga : Berani Meninggalkan Hal Buruk, Aku Mengalami Perubahan Baik di Dalam Hidup - Angel

 

Melalui Filipi 4 : 13 kita memahami bahwa kita tidak memiliki kekuatan yang cukup hanya dengan mengandalkan kemampuan kita sendiri, tetapi Tuhan telah memberikan kekuatan itu kepada kita. Dengan demikian, kita tidak dapat melakukan apapun sendiri, tetapi kita dapat melakukan segala sesuatu melalui Kristus. 

Perubahan Melalui Pengalaman Hidup 

Apapun situasi dan kondisi yang kita hadapi sehari-hari, dapat kita renungkan kembali dengan menaruh dasar dari Filipi 4 : 13. Sehingga kita dapat menerima pandangan baru tentang bagaimana kita harus bertindak. 

Kita perlu menyadari bahwa kita dapat menghadapi segala situasi atau kondisi dengan pandangan positif atau negatif sekalipun. Namun, jika kita mendasarkan hidup kita dengan Filipi 4 : 13, maka kita dapat melakukan apapun di dalam Kristus yang menjadi sumber kekuatan. 

Pengalaman hidup yang kita lalui pasti akan ada masa dimana kita mengalami kecemasan yang berdampak pada kehidupan sosial kita, bahkan ada rasa khawatir tentang bagaimana orang lain melihat kita. 

Oleh karena itu, kita harus terus berusaha untuk menghadapi kecemasan dan kekhawatiran tersebut dengan melibatkan diri dalam pemberitaan injil. Satu-satunya cara untuk mengatasi rasa itu adalah dengan mengandalkan Yesus melalui Filipi 4 : 13, yang mengingatkan bahwa kita tidak mampu melakukan itu sendiri, tetapi Tuhan memiliki kekuatan yang lebih dari cukup untuk membantu kita. 

 

Baca Juga : 5 Ciri-ciri Seseorang Sudah Lahir Baru di Dalam Tuhan

 

Perubahan Melalui Kehilangan 

Melalui FIlipi 4 : 13, kita kembali diingatkan kembali saat kita sedang merasa lelah secara mental maupun emosional. Karena kita tidak memiliki cukup kekuatan untuk menghadapi semuanya sendiri. Tetapi Tuhan selalu ada dan selalu mendampingi kita sekalipun kita marah kepadaNya. 

Begitu juga dengan rasa kehilangan yang tidak pernah ada di dalam kehendakNya, tetapi kita dapat menjadi pribadi yang memusatkan pikiran kita pada Tuhan untuk melewati banyak masa sulit dalam hidup kita. 

Perubahan Melalui Kebenaran yang Melekat 

Mungkin kita telah memiliki ayat Alkitab pribadi yang menjadi penguat dalam menghadapi kehidupan. Setiap Firman Tuhan tentu memiliki tujuan untuk membantu, mengajar, dan mengarahkan kita. Karena Firman Tuhan adalah sumber kebenaran dan bimbingan dalam perubahan dalam kehidupan sehari-hari. 

 

Baca Juga : Masih Ada Harapan dalam Perubahan Hidup

 

Menjadi suatu hal yang tidak bisa dibayangkan jika kita hidup tidak mengenal Tuhan dan tidak mengerti firmanNya. Karena hanya dari berkatNya kita dapat melewati berbagai tantangan tanpa dikuasai oleh tekanan dunia. 

Tidak ada satupun yang mampu dengan sepenuhnya mengontrol berbagai situasi di dalam hidup kita. Untuk itu, kita perlu menaruh hidup kita untuk dapat bergantung pada Tuhan yang memiliki kendali yang mutlak.

Halaman :
1

Ikuti Kami