Jalani Program Bayi Tabung Seperti Asmirandah dan Jonas Rivanno, Yuk Cek Prosesnya...
Sumber: Jawaban.com

Relationship / 24 July 2023

Kalangan Sendiri

Jalani Program Bayi Tabung Seperti Asmirandah dan Jonas Rivanno, Yuk Cek Prosesnya...

Lori Official Writer
1834

Program bayi tabung atau in-vitro fertilization (IVF) menjadi langkah yang diambil oleh pasangan selebritis Asmirandah dan Jonas Rivanno untuk anak pertamanya Chloe. Bukan hanya mencoba sekali, tetapi pasangan ini ternyata sudah sempat mengalami kegagalan program bayi tabung di tahun 2020 silam sampai setelah kembali mencoba pasangan ini akhirnya berhasil.

Kabar terbaru kembali diungkapkan pasangan Asmirandah dan Rivanno, bahwa mereka akan kembali menempuh program bayi tabung untuk anak kedua mereka. Lalu apa sih yang sebenarnya perlu dipersiapkan untuk menjalani program ini?

 

Proses Memiliki Keturunan Lewat Bayi Tabung

Banyak pasangan yang belum memiliki anak secara alami akan mencoba program bayi tabung (IVF). Prosedur kehamilan secara medis ini memang membutuhkan dana yang cukup mahal karena proses penempatan sel telur ke dalam rahim ibu harus dilakukan di laboratorium. 

Cara ini dilakukan dengan menggabungkan sel telur dan sperma di luar tubuh. Kemudian, sel telur yang sudah dibuahi dan sudah dalam fase siap akan dipindahkan ke dalam rahim calon ibu. Meski begitu, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menjalani program IVF ini, diantaranya memastikan kesehatan tubuh calon ibu, mempersiapkan finansial serta kondisi fisik dan mental pasangan suami istri. 

 

Baca Juga: Bagaimana Sih Pandangan Kristen Tentang Egg Freezing? Ini Bahasannya

 

Sebelum menjalani program ini, pasangan perlu menjalani skrining awal untuk mengetahui latar belakang pasangan, seperti:

  • Riwayat kesehatan suami dan istri
  • Berapa lama usia pernikahan keduanya 
  • Bagaimana siklus haid yang dijalani calon ibu
  • Berapa besar frekuensi berhubungan intim pasangan suami istri serta
  • Riwayat obat-obatan yang dikonsumsi suami istri 

Setelah proses skrining selesai, pasangan akan menjalani beberapa pemeriksaan diantaranya:

Pertama, pengujian cadangan ovarium. Hal ini berguna untuk menentukan jumlah dan kualitas sel telur melalui pengujian konsetrasi hormon perangsang folikel (FSH), estradiol (estrogen) dan hormone anti-mullerian selama beberapa hari pertama siklus menstruasi. 

Kedua, analisis air mani. Jika Anda tidak menjalani evaluasi kesuburan di awal program, dokter mungkin akan melakukan analisis air mani sebelum memulai perawatan IVF.

Ketiga, praktek transfer embrio. Dokter mungkin akan melakukan transfer embrio tiruan untuk menentukan kedalaman rongga rahim dan teknik paling mungkin menentukan embrio ke dalam rahim.

Keempat, pemeriksaan rahim. Untuk tahap ini, dokter akan memeriksa lapisan dalam rahim sebelum memulai IVF. Dalam hal ini, calon ibu akan mendapatkan suntikan cairan melalui serviks ke dalam rahim dan menjalani USG untuk membuat gambar rongga rahim. Atau mungkin histeroskopi dimana teleskop yang tipis, fleksibel dan terang dimasukkan melalui vagina dan leher rahim ke dalam rahim. 

 

Baca Juga: Hampir 7 Tahun Menikah, Pasangan Asmirandah-Jonas Rivanno Jalani Program Bayi Tabung

 

Untuk menjalani proses ini, suami istri akan memerlukan waktu yang cukup panjang. Karena setelah sekitar sembilan hingga 14 hari setelah pemindahan embrio, pasangan perlu menjalani pemeriksaan medis untuk memastikan kehamilan menggunakan sampel darah. Bahkan selama proses IVF berjalan, calon ibu perlu mengkonsumsi hormon suntik untuk mendorong sel telur matang secara bersamaan. Adapun hormon suntik yang biasanya digunakan adalah Follicle Stimulating Hormone (FSH) untuk merangsang indung telur menghasilkan sel telur, Human chorionic gonadotropin (hCG) untuk memicu sel telur menjadi matang dan menggerakkan ovulasi serta Leuprolide acetate untuk mengontrol proses stimulasi atau digunakan sebagai tembakan pemicu.

Selama proses ini, calon ibu juga perlu mengkonsumsi obat kesuburan sekitar delapan hingga 14 hari.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami