“Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, di Balik Tema dan Makna Hari Anak Nasional 2023
Sumber: Jawaban.com

News / 23 July 2023

Kalangan Sendiri

“Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, di Balik Tema dan Makna Hari Anak Nasional 2023

Lori Official Writer
2076

Berdasarkan keputusan Presiden Nomor 44 tahun 1984 ditetapkan bahwa setiap tanggal 23 Juli menjadi Hari Anak Nasional. Peringatan ini menjadi penting karena negara memandang bahwa ANAK ADALAH ASET BERHARGA NEGARA. Karena anak akan menjadi generasi penerus bangsa sehingga negara harus berperan aktif menyediakan berbagai jaminan kehidupan bagi anak. 

Di peringatan Hari Anak Nasional 2023 ini, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan sub-tema yang mengangkat beberapa sektor yang saat ini rentan mempengaruhi anak, diantaranya:

1. Cerdas Bermedia Sosial Menuju Generasi Emas

Mewujudkan Indonesia Layak Anak pada tahun 2030 dan Indonesia Menuju Generasi Emas pada tahun 2045 tanpa perkawinan dan kekerasan terhadap anak.

2. Dare to Lead and Speak Up: Anak Pelopor dan Pelapor

Membangun kepedulian dan kesadaran Anak Indonesia agar berani memperjuangkan/menyuarakan hak-haknya.

3. Pengasuhan Layak untuk Anak Indonesia

Mewujudkan pola asuh yang layak pada tumbuh kembang anak dan untuk mengupayakan pencegahan anak-anak Indonesia menjadi korban kekerasan serta diskriminasi.

 

Baca Juga: Sambut Hari Anak Nasional, 4 Kota Berikut ini Persiapkan Acara dengan Meriah dan Ceria

 

4. Wujudkan Lingkungan yang Aman untuk Anak

Membangun kepedulian dan kesadaran orang tua, pengasuh, guru, masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah dalam upaya memenuhi hak dan mewujudkan perlindungan anak.

5. Stop Kekerasan, Perkawinan Anak dan Pekerja Anak

Mendukung semua keluarga kuat dan memastikan anak-anak tidak menjadi korban kekerasan, perkawinan anak dan pekerja anak.

Sementara Kemen PPPA menetapkan tagline Hari Anak Nasional dengan tagar #BeraniKarenaPeduli.

 

Acara Peringatan Hari Anak Nasional

Peringatan Hari Anak Nasional 2023 ini diadakan pada Minggu, 23 Juli 2023 di Lapangan Pancasila, Simpang lima, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Acara ini akan dihadiri secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dan didampingi Ibu Negara Iriana Widodo serta hadir pula jajaran pejabat pemerintahan pusat dan daerah, pelaku pendidik dan anak-anak Indonesia. 

 

Baca Juga: 6 Alasan yang Disebutkan Yesus di Matius 18 Tentang Peran Anak Dalam Gereja

 

Tujuan Peringatan Hari Anak Nasional

Sebagai suatu bangsa yang mengakui bahwa anak adalah aset berharga yang harus dijamin pemenuhan hak dan perlindungannya, menjadi tanggung jawab pemerintah, masyarakat dan orang tua untuk ambil bagian dalam berbagai kondisi yang mengancam hak dan perlindungan anak. Sebagaimana beragam kasus yang menimpa anak belakangan ini, diantaranya pelecehan seksual, penelantaran anak, perbudakan anak, kekerasan fisik dan mental, dan perdagangan anak, sudah sepantasnya menjadi perhatian berbagai pihak. 

Faktanya, sepanjang Januari hingga Mei 2023 Kemen PPPA mencatat jumlah kasus kekerasan hingga tindak kriminal pada anak di Indonesia telah mencapai 9645 kasus. Meskipun jaminan perlindungan terhadap anak telah ditetapkan secara hukum, namun tampaknya realisasi tindakan perlindungan terhadap anak di keluarga maupun lingkungan masyarakat masih belum

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami