10 Tips Mengatur Keuangan Buat Anda yang Memiliki Gaji yang Pas-pasan
Sumber: bisnismuda.id

Finance / 21 July 2023

Kalangan Sendiri

10 Tips Mengatur Keuangan Buat Anda yang Memiliki Gaji yang Pas-pasan

Bella Tiurma Official Writer
2483

3. Memprioritaskan Anggaran Wajib dan Menyisihkan untuk Tabungan 

Setelah gaji kita terima, hal yang dilakukan pertama adalah membayar setiap tagihan atau cicilan terlebih dahulu agar tidak melebihi batas jatuh tempo menghindari biaya denda yang dikenakan. Setelah membayar kewajiban, kita perlu melakukan penyisihan minimal 10% dari gaji untuk ditabung. 

Yang paling penting, kita bisa secara konsisten memisahkan penghasilan kita untuk ditabung setiap bulannya. Ketika kondisi keuangan lebih stabil, kita dalpat memulai untuk menyisihkan ke dalam dana darurat. 

4. Meminimalisir Penggunaan Kartu Kredit 

Penggunaan kartu kredit memang sangat menggiurkan, terlebih adanya promo-promo yang ditawarkan jika menggunakannya. Untuk itu, pemakaian kartu kredit perlu dilakukan dengan bijak karena kartu kredit bukan termasuk uang tambahan. Tetapi kita akan terjebak dalam hutang dan berputar secara terus menerus setiap bulannya dengan hutang. 

Oleh karena itu, untuk bisa mengatur keuangan sebaiknya kita meminimalisir penggunaan kartu kredit dan menahan pembelian barang secara kredit jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan dalam jangka waktu dekat.  

 

Baca Juga : Gaji UMR Ingin Beli Kendaraan? Simak 3 Tips Mengambil Kredit Agar Tidak Menyiksa Kantong

 

5. Menentukan Tujuan Finansial 

Setiap orang pasti memiliki tujuan keuangannya masing-masing, sehingga kita memiliki motivasi tersendiri untuk lebih baik lagi mengatur keuangan kita suapaya apa yang kita inginkan segera tercapai. Penetapan tujuan ini, perlu dipastikan secara realists dan sesuai dengan pendapatan yang kita miliki setiap bulannya atau tahunnya. Penetapan tujuan yang tidak sesuaikan dengan realita keuangan kita akan memiliki kemungkinan besar akan gagal untuk menciptakan langkah finansial yang tepat di masa depan. 

6. Mengutamakan Kebutuhan Dibandingkan dengan Keinginan 

Tak jarang pengeluaran terbesar yang dimiliki seseorang digunakan untuk melakukan pembelian barang atau segala hal yang didasarkan dengan keinginan semata saja. Sehingga ketika kita yang memiliki gaji yang pas-pasan akan sangat sulit mengontrol setiap pengeluaran. 

Oleh karena itu, langkah paling sederhana untuk menyiasati pendapatan yang pas-pasan dan memiliki uang yang cukup untuk memenuhi segalanya adalah dengan memprioritaskan pengeluaran yang dibutuhkan untuk membeli barang atau hal-hal yang memang dibutuhkan untuk sehari-hari. 

Selain itu, kita dapat menunda pembelian barang yang hanya memenuhi keinginan saja dan beralih membuat tabungan terlebih dahulu. Sehingga kita melakukan pembelian barang tersebut tidak dengan terburu-buru dan melakukan pemikiran secara matang apakah dalam waktu dekat barang tersebut sangat diperlukan atau dapat kita tunda untuk sementara waktu.

BACA HALAMAN SELANJUTNYA ->

Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami