Gaji UMR Ingin Beli Kendaraan? Simak 3 Tips Mengambil Kredit Agar Tidak Menyiksa Kantong
Sumber: gajigesa.com

Finance / 4 May 2023

Kalangan Sendiri

Gaji UMR Ingin Beli Kendaraan? Simak 3 Tips Mengambil Kredit Agar Tidak Menyiksa Kantong

Bella Tiurma Official Writer
1130

Transportasi adalah sebuah kebutuhan yang penting yang biasa diperlukan oleh setiap orang untuk mendukung mobilitas dan kegaitan sehari-harinya. Namun hal ini akan menjadi hal yang memerlukan perancangan dan pemikiran yang baik bagi orang-orang yang baru bekerja ataupun bagi yang memiliki gaji sebatas UMR (Upah Minimum Regional). 

Seseorang dengan penghasilan UMR untuk melakukan pembelian kendaraan bermotor pada kenyataannya cukup sulit. Dengan ruang budget yang sangat terbatas, sehingga memerlukan perencanaan yang baik agar bisa memenuhi kebutuhan yang lainnya. 

Memiliki kehidupan dan pekerjaan di daerah atau di ibukota sekalipun akan memiliki masalah dan pertanyaan yang sama jika sudah berhubungan dengan kebutuhan yang memerlukan pengeluaran yang cukup banyak. Salah satu pertanyaan yang sering ditemui adalah bisakah seseorang yang memiliki gaji UMR dapat melakukan pembelian kendaraan bermotor, baik secara cash ataupun kredit? 

Pada dasarnya akan ada kemungkinan bagi setiap orang bergaji UMR untuk pembelian kendaraan, tetapi perencanaan khusus dan perhitungan yang mendetail sangat diperlukan. Hal ini dilakukan supaya tidak ada masalah yang akan timbul ketika sudah melakukan pembeliaan kendaraan tersebut. Terlebih jika pembelian dilakukan secara kredit. 

Tips Pengambilan Cicilan Kendaraan 

Memiliki gaji UMR bisa saja memiliki kemungkinan untuk pengambilan cicilan. Oleh karena itu, simak 3 tips yang wajib kamu ketahui sebelum pengambilan cicilan kendaraan bermotor agar tidak menyiksa kantongmu 

1. Mengetahui Jenis Kendaraan 

Sebelum melakukan pengambilan kendaraan bermotor, ada baiknya setiap orang mencari terlebih dahulu informasi-informasi jenis dan tipe kendaraannya. Hal ini dilakukan untuk melihat harga kendaraannya dan menjadi bahan pertimbangan dalam tahap perencanaan perhitungan dananya. 

Setiap orang harus bijak dalam memilih jenis dan tipe kendaraan sesuai dengan kemampuan finansialnya, jangan sampai pemilihan jenis dan tipe kendaraan memiliki harga yang mahal hanya untuk kepentingan status dan gaya semata. 

Selain itu, pertimbangan pemilihan jenis dan tipe juga akan menjadi dasar untuk perhitungan biaya lainnya. Seperti bahan bakar, service, dan pengurusan surat-surat. 

2. Cara Pembayaran 

Pembayaran dalam pembelian kendaraan bermotor hanya dapat dilakukan secara kontan (cash) atau cicilan. Terkhusus untuk seseorang yang memiliki penghasilan UMR, dapat memastikan terlebih dahulu seluruh pengeluaran untuk kebutuhan sehari-harinya. 

Sehingga dalam pembelian kita dapat memutuskan pengambilan kendaraan menggunakan cara pembayaran yang seperti apa. Jika menggunakan cash dalam pengambilan kendaraan tentu akan terbebas dari suku bunga dan lainnya, tetapi kita membutuhkan waktu untuk menabung terlebih dahulu. Sedangkan ketika menggunakan kredit, harus memiliki perhitungan dalam pembayaran yang akan dilakukan setiap bulannya supaya dapat menyelesaikan angsuran hingga selesai. 

3. Menabung atau Investasi 

Ketika pembelian kendaraan adalah suatu hal yang mendesak, kita dapat mengambil metode cicilan untuk membelinya. Tetapi jika hal ini bukanlah hal yang tidak terlalu mendesak, kita dapat menundanya dan terlebih dahulu mengumpulkan uang hingga biaya yang diperlukan terpenuhi. 

Dalam pengumpulan uang, tidak hanya dengan menabung saja tetapi kita dapat mengumpulkannya dengan cara melakukan sebuah investasi. Investasi menjadi salah satu pilihan lain untuk mengumpulkan uangnya, karena uang kita akan lebih terjaga dan tidak bisa digunakan dengan mudah. 

Perhitungan Dasar Pengambilan Kredit Kendaraan Bermotor 

Dalam pengambilan cicilan kendaraan bermotor, seharusnya setiap orang perlu memikirkan, memperhitungkan, dan mempertimbangkan beberapa faktor supaya tidak berakibat fatal. 

1. Alokasi dana cicilan 

Salah satu saran yang bisa digunakan dalam perhitungan dasar adalah menghitung alokasi dana yang akan dikeluarkan per bulan untuk cicilan maksimalnya. Dimana perhitungan ini didapat dari 1/3 dari jumlah pemasukan (gaji), perhitungan inilah yang menjadi acuan maksimal dalam mengambil besaran cicilan. 

2. Uang Muka atau Down Payment (DP) 

Hal lain dalam faktor perhitungan lainnya yang perlu diperhatikan dan dihitung dengan benar adalah uang muka atau down payment (DP). Dalam transaksi cicilan yang disediakan oleh segala jenis platform, biasanya akan ada biaya uang muka. Sehingga setiap orang perlu memperhatikan bahwa saat pengambilan cicilan besaran DP yang dibayarkan minimal 20 persen, tetapi tidak sampai menyentuh 50 persen dari total cicilan. 

Uang muka atau DP ini akan berpengaruh dengan berapa besar angsuran yang wajib dibayarkan oleh setiap orang. Sehingga sangat perlu kehati-hatian dalam melakukan pertimbangan, jangan sampai hal ini akan menjadi beban. 

3. Jangka Waktu atau Tenor 

Tak hanya itu, pengambilan jangka waktu cicilan juga memerlukan perhatian. Hal ini juga sebagai penentu untuk besar angsura yang dibayarkan per bulannya. Jangan sampai kita menjadi terbebani setiap bulannya dan tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari lainnya.

Sumber : finansialku.com | liputan6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami