8 Karakter yang Harus Dimiliki Ayah Sesuai dengan Alkitab agar Terhindar dari Fatherless
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 18 July 2023

Kalangan Sendiri

8 Karakter yang Harus Dimiliki Ayah Sesuai dengan Alkitab agar Terhindar dari Fatherless

Bella Tiurma Official Writer
2347

3. Menjadi Pembimbing atau Mentor 

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” - Amsal 22 : 6 

Melalui ayat di atas, mungkin banyak persepsi yang mengartikannya. Namun yang kita ketahui pada ayat tersebut ada sebuah perintah bagi para orangtua untuk melatih anak-anak. Sehingga sebagai seorang ayah dapat membuat sebuah keputusan untuk dilakukan. Tetapi yang menjadi bagian terpenting adalah sebagai ayah bukan hanya untuk melatih saja karena peran orangtua perlu memberikan contoh nyata pada anak-anaknya. 

Dengan demikian, kehadiran kita sebagai seorang ayah dapat diberikan dengan melatih anak-anak dengan cara yang benar dan mampu menjadi seorang pembimbing atau mentor bagi mereka untuk menghadapi kehidupan, tantangan, dan pergumulannya. 

4. Memiliki kesabaran 

Ketika kita sedang berperan sebagai pendamping anak-anak kita untuk belajar hal-hal baru, tentu diperlukan sebuah kesabaran yang ekstra di dalamnya. Hal ini sangat diperlukan bagi setiap ayah karena untuk melatih dan mengajar hal baru pada anak dengan cara yang benar bukanlah hal yang mudah. Dimana seorang ayah tidak diperbolehkan untuk menunjukkan sikap yang memprovokasi ataupun menggagalkan anak-anaknya dengan tuntutan yang tidak masuk akal. 

Sebagai seorang ayah sebaiknya untuk menjaga kesabarannya agar tidak hilang, karena hilangnya kesabaran akan membuat suasana menjadi tegang bagi anak dan orang di sekitar. Bagi kebanyakan anak-anak akan sangat sulit bagi mereka untuk bisa belajar di lingkungan dengan suasana yang tegang. Sehingga memiliki sikap sabar sangatlah penting sesuai dengan nasihat yang diberikan di dalam Efesus 6 : 4 “Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.” 

5. Pengendalian Diri 

“Karena itu penilik jemaat haruslah seorang yang tak bercacat, suami dari satu isteri, dapat menahan diri, bijaksana, sopan, suka memberi tumpangan, cakap mengajar orang,” - 1 Timotius 3 : 2 

Melalui ayat tersebut mungkin banyak hal yang bisa kita ambil, tetapi satu hal yang terpenting dan diperlukan bagi para ayah adalah pengendalian diri. Dimana seorang ayah mampu mengontrol dirinya agar tidak lepas kendali kepada anak-anak maupun orang lain. 

Dalam mengendalikan diri mungkin beberapa orang akan terasa sulit, tapi jika dilatih dengan benar akan membuahkan sebuah hasil yang baik. Seperti halnya seorang ayah yang mampu mengendalikan dirinya agar tidak mudah marah dan tenang ketika menghadapi sebuah masalah, sehingga tidak ada nada suara yang tinggi dan menarik perhatian banyak orang. 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA->

Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami