9 Tips Untuk Ayah Baru dapat Menjalin Ikatan dengan Bayinya
Sumber: pexels.com

Parenting / 16 July 2023

Kalangan Sendiri

9 Tips Untuk Ayah Baru dapat Menjalin Ikatan dengan Bayinya

Aprita L Ekanaru Official Writer
1627

5. Miliki "rutinitas ayah-bayi"

Karena ibu menyusui bayinya, dia cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan bayinya dan sebagai hasilnya mengembangkan hubungan yang erat. Demikian pula seorang ayah juga perlu memiliki waktu pribadi dengan bayinya. Anda bisa mengembangkan 'bayi-ayah', tidak harus besar atau rumit. Bisa dengan membuat wajah lucu atau menyanyikan lagu konyol. Itu bisa menjadi sesuatu yang istimewa antara Anda dan bayi Anda. Saat-saat seperti itu meninggalkan dampak yang bertahan lama dan juga tertanam dalam ingatan.

 

BACA JUGA: Indonesia Jadi Rangking 3 Dunia Sebagai Negara Fatherless?

 

6. Pelajari hal-hal kecil

Mereka mengatakan bahwa seorang wanita selalu dilengkapi dengan naluri keibuan, sayangnya pria tidak. Menjadi ayah baru bisa sangat sulit, terutama di beberapa minggu pertama. Jangan biarkan hal itu membuat Anda kewalahan. Amati istri Anda, kemudian berinisiatif untuk menangani bayi Anda. Mulailah dari yang kecil seperti menggendong bayi dengan benar dan memegang leher dan kepala bayi lalu perlahan beralih ke mengganti popok dan hal lainnya

7. Maafkan diri Anda sendiri

Ingat Anda adalah ayah baru, jangan terlalu keras pada diri sendiri. Anda pasti membuat kesalahan, hal yang tepat adalah jangan biarkan hal itu menghalangi Anda atau menghentikan Anda melakukan sesuatu. Dari menggendong bayi Anda hingga menenangkan bayi Anda, Anda tidak akan melakukannya dengan benar pada kali pertama, jangan menyerah atau takut. Maafkan kesalahan Anda dan beri diri Anda kesempatan lagi. Bayi Anda membutuhkan Anda sama seperti dia membutuhkan ibunya, jadi pastikan Anda siap menghadapi tantangan apapun.

8. Mencari bantuan

Dapat dimengerti bahwa Anda tidak akan mengetahui banyak hal dalam merawat bayi Anda, jangan takut untuk meminta bantuan, berulang kali sampai Anda melakukannya dengan benar. Menjadi ayah baru bisa sedikit melelahkan, tetapi ada keuntungan tertentu yang menyertainya juga. Bayi Anda akan mendapatkan banyak popularitas, hanya dengan menjadi bayi, orang akan ingin menggendong bayi Anda, bermain dengan bayi Anda dari waktu ke waktu. Manfaatkan itu dan rileks sebentar. Ini akan membantu Anda untuk bersantai selama beberapa waktu dan kembali ke bayi Anda diremajakan

9. Nikmati saat ini

Bayi Anda tumbuh dengan cepat dan dia tidak akan lama menjadi kumpulan kecil kegembiraan. Setiap fase pertumbuhan anak Anda akan membawa kebahagiaan dan masalah kecil; belajarlah untuk menerima kenyataan ini dan nikmati setiap bagiannya. Momen-momen ini tidak akan kembali dan begitu berlalu, Anda akan merindukannya, jadi manfaatkan sebaik mungkin.

 

BACA JUGA: Mengambil Teladan dari 5 Tokoh Ayah dalam Alkitab

Sumber : Beingtheparent.com | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami