Mengambil Teladan dari 5 Tokoh Ayah dalam Alkitab
Sumber: canva.com

Relationship / 8 April 2023

Kalangan Sendiri

Mengambil Teladan dari 5 Tokoh Ayah dalam Alkitab

Wisnu Prianggani Contributor
4507

Di dalam sebuah keluarga, kita bisa sepakat bahwa seorang ayah merupakan sosok yang plaing penting. Ia adalah figur pemimpin di dalam keluarag yang memberikan perlindungan, nasihat, dan juga kasih sayang kepada anggota keluarganya. Untuk mennjadi seorang ayah memang tidak mudah. Namun sebagai orang kristen, kita dapat menemukan beberapa ayah yang bisa dijadikan teladan khususnya bagi seseorang yang baru menjadi sosok ayah sehingga dapat menjalani kehidupan keluarga dan rohani yang baik.

Berikut adalah 5 tokoh Alkitab sebagai ayah terbaik yang bisa dijadikan contoh dan teladan.

1. Abraham

Abraham dikenal sebagai bapa banyak bangsa dalam Alkitab. Buktinya ada tertulis di Kejadian 17:5, “Karena itu namamu bukan lagi Abram, melainkan Abraham, karena engkau telah Kutetapkan menjadi bapa sejumlah besar bangsa.” Ia adalah contoh yang baik dalam hal iman dan ketaatan kepada Allah. Ketika Allah meminta Abraham untuk mengorbankan anaknya, Isaac, ia tidak berpikir dua kali untuk melakukannya karena ia percaya bahwa Allah pasti mempunyai rencana yang lebih besar baginya dan juga bagi anaknya. Abraham juga merupakan teladan dalam hal keberanian dan kemurahan hati. Meskipun saat ini sebagai ayah kita tidak perlu mengorbankan anak sebagai korban bakaran namun yang perlu kita teladani adalah rasa percaya kepada Tuhan yang dimiliki oleh Abraham.

 

Baca Juga: Kisah Andy Otniel, Terluka Karena Tak Dapatkan Kasih Seorang Ayah

 

2. Ishak

Ishak tumbuh menjadi sosok ayah yang taat kepada Tuhan dan menjadi ayah yang baik bagi 2 anaknya yaitu Yakub dan Esau. Bahkan sebelum menjadi ayah, Ishak mengandalkan Tuhan seperti tertulis di Kejadian 25:21, “Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung.” Setelah dikaruniai anak, seperti ayahnya, ia dikenal sebagai ayah yang setia dan taat kepada Allah. Ketika ia diminta untuk dikorbankan oleh Abraham, Ishak rela mengikuti perintah ayahnya karena ia percaya bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik. Dari sini kita bisa belajar bahwa sosok ayah yang bijak adalah seseorang yang mampu memilah apa yang baik untuk dilakukan dari pengalaman hidupnya untuk keluarga.

 

3. Daud

Daud merupakan raja pertama Israel yang sangat disukai oleh Allah karena ia memiliki hati yang tulus dan selalu mencari kehendak Allah. Kisah Para Rasul 13:22, “Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.” Ia juga dikenal sebagai ayah yang penyayang terhadap anak-anaknya. Meskipun anak sulungnya, Amnon, melakukan dosa yang besar, Daud tetap memaafkannya dan mencoba untuk memperbaiki hubungan antara mereka, satu hal yang harus disadari oleh sosok ayah masa kini. Memaafkan dan memperbaiki hubungan keluarga.

 

4. Ayub

Ayub dikenal sebagai ayah yang saleh dan taat. Ayub 1:1, “Ada seorang laki-laki di tanah Us bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan.” Ia sangat mencintai keluarganya dan berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun pada akhirnya ia ditinggalkan oleh keluarganya. Bahkan ketika Ayub mengalami kesulitan dan penderitaan, Ayub tetap bertahan dalam iman dan kepercayaannya kepada Allah. Itulah hal yang perlu diteladani dari kisah Ayub, tetap percaya meski mengalami penderitaan.

 

Baca Juga: Saat Banyak Anak Kehilangan Figur Ayah, Alkitab Tulis 5 Sosok Ayah Terbaik. Siapa Mereka?

 

5. Yakub

Kejadian 32:28, “Lalu kata orang itu: ”Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang.” Yakub dikenal sebagai ayah yang penuh dengan perjuangan dan ketaatan kepada Allah. Ia juga merupakan contoh ayah yang sangat mencintai keluarganya dan selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi mereka. Meskipun ia memiliki banyak anak, ia tidak pernah kehilangan perhatian terhadap setiap anaknya.

Kelima ayah di atas merupakan contoh yang baik bagi ayah masa kini dalam menjalani kehidupan rohani. Mereka memberikan teladan tentang bagaimana menjadi ayah yang setia, bijaksana, tegas, dan juga penyayang. Mereka juga memberikan teladan tentang bagaimana menjalani kehidupan rohani yang baik dan mencari kehendak Allah dalam setiap langkah yang diambil.

Sebagai ayah, kita harus belajar dari contoh-contoh di atas dan mencoba untuk mengikuti teladan mereka. Menjadi ayah yang setia dalam membimbing anak-anak kita menuju jalan yang benar dan juga memberikan teladan yang baik dalam kehidupan rohani adalah tugas yang harus dilakukan dengan hati-hati, tegas dalam menghadapi situasi sulit dan juga menjadi ayah yang penyayang dalam memberikan kasih sayang kepada keluarga kita.

Selain itu, sebagai umat Kristiani, tentu saja kita juga harus mengambil teladan dari Allah sebagai Bapa Surgawi kita. Allah adalah ayah yang penuh kasih sayang dan selalu siap memberikan yang terbaik bagi anak-anak-Nya. Allah selalu memberikan bimbingan dan juga kasih sayang-Nya kepada kita. Oleh karena itu, kita harus selalu mencari kehendak Allah dan menjalani kehidupan rohani yang benar.

Halaman :
1

Ikuti Kami