9 Tips Untuk Ayah Baru dapat Menjalin Ikatan dengan Bayinya
Sumber: pexels.com

Parenting / 16 July 2023

Kalangan Sendiri

9 Tips Untuk Ayah Baru dapat Menjalin Ikatan dengan Bayinya

Aprita L Ekanaru Official Writer
1594

Menyambut seorang anak dalam sebuah keluarga adalah salah satu kebahagiaan terbesar. Begitu Anda memiliki bayi, Anda tiba-tiba akan menyadari bahwa segala sesuatu berpusat pada anak itu. Antara ingin membangun ikatan dengan bayi dan merawat bayi dengan benar, seorang ayah baru mungkin merasa sedikit kebingungan. Banyak ayah memperlakukan bayi dengan acuh tak acuh, bukan karena tidak ada cinta, tetapi mereka tidak memandang bayi sebagai makhluk yang membutuhkan makan dan kenyamanan, dan pria tidak yakin bagaimana melakukannya!

Mengapa Pria Sulit Terikat Dengan Bayinya?

Perhatikan baik-baik. Siapa yang memberi makan bayi? Siapa yang membersihkan bayi? Siapa yang menggoyang bayi untuk tidur? Siapa yang menenangkan dan menghibur bayi? Ibunya, kan? Jadi ayah baru sering merasa bahwa mereka bukan bagian dari rutinitas bayi karena mereka tidak menjadi bagian dari 'rutinitas bayi' seperti ibunya.

 

BACA JUGA: Jadi Ayah Baru Emang Gak Mudah, Jadi Pelajarilah 12 Hal Ini Untuk Persiapanmu

 

Dikatakan demikian, beberapa ayah hanya malu pada awalnya, tinggalkan bayinya bersama mereka dan Anda akan menemukan keduanya menyeringai setelah beberapa waktu. Para ayah tidak mendapatkan cukup waktu dengan bayinya, dan jika tersedia, katakanlah setelah bekerja di malam hari, itu adalah waktu makan atau waktu tidur. Seorang ayah perlu meluangkan waktu berkualitas dengan anak-anak mereka untuk mengembangkan ikatan itu. Para ayah harus berusaha menyadari bahwa mereka tidak perlu menjadi seperti seorang ibu, tapi jadilah diri sendiri dan kenali makhluk kecil yang Anda miliki di rumah. Berikut 9 tips untuk seorang ayah baru untuk menjalin ikatan dengan bayi:

1. Terlibatlah

Anda tidak menjadi seorang ayah ketika bayinya lahir, Anda menjadi seorang ayah segera setelah istri Anda hamil. Oleh karena itu terlibatlah sejak awal. Pergilan untuk melakukan check-up, rasakan bayi Anda menendang perut dan bahkan berbicara dengan bayi Anda melalui perut adalah langkah pertama Anda menuju ikatan dengan bayi Anda. Studi dan penelitian telah membuktikan bahwa segera setelah bayi Anda mencapai minggu ke-30, ia dapat membedakan suara. Bicaralah dengan bayi Anda sebanyak yang Anda bisa dan biasakan dia dengan suara Anda. Ini tidak hanya akan mendekatkan ayah dan anak tetapi juga akan mengembangkan ikatan yang dalam. Inilah cara Anda dapat menjadi bagian dari kehamilan dan persalinan istri Anda.

2. Sentuh

Menyentuh tidak hanya akan menenangkan bayi tetapi juga akan menstabilkan detak jantung dan tekanan darah bayi. Bayi sangat responsif ketika bersentuhan dengan kulit. Seorang ibu terus-menerus menyentuh bayinya saat menyusui, menggendong, dan membedong bayinya. Penting juga bagi seorang ayah untuk sering menyentuh bayinya. Jangan biarkan rasa takut menyakiti bayi menahan Anda dari menggendong bayi Anda sendiri. Mungkin sedikit canggung pada awalnya, tetapi pada akhirnya Anda akan merasa nyaman. Bayi juga akan secara bertahap mulai mengidentifikasi sentuhan Anda dan merasa nyaman dengan Anda seperti halnya dengan ibu.

 

BACA JUGA: Semua Pria yang Baru Jadi Ayah Pasti Alami Perasaan Ini, Yang Pernah Pasti Ngangguk!

 

3. Ambil botolnya

Botol adalah kesempatan tak ternilai untuk merasa dekat dengan bayi! Jika Anda memberikan botol pada malam hari, lakukan tanpa bantuan istri Anda. Apakah dia memompa atau Anda memberikan susu formula, memberi susu botol pada bayi Anda adalah cara sempurna untuk memberi isyarat padanya. Peluk, buai, cium, dan tenangkan bayi. Anda akan menemukan bayi merespons Anda dengan sedikit celotehnya.

4. Perhatian

Jangan perlakukan bayi Anda seperti tugas sehari-hari. Selalu penuh perhatian dan tersedia untuk kebutuhan bayi. Meskipun tampaknya melelahkan melakukan satu demi satu hal 24/7, baik itu membersihkan, menenangkan bayi atau mengganti popok dll, tapi ingatlah bahwa Anda adalah ayahnya. Bayi bukan hanya tanggung jawab Anda tetapi bayi juga membutuhkan Anda. Setelah ibu, bayi mengidentifikasi ayahnya dan selalu ada untuk bayi hanya akan memperkuat ikatan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA >>

Sumber : Beingtheparent.com | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami