Saat Toleransi di Indonesia Semakin Memudar, 10 Kota Ini Justru Jadi yang Paling Toleran
Sumber: panelwarta.id

News / 12 July 2023

Kalangan Sendiri

Saat Toleransi di Indonesia Semakin Memudar, 10 Kota Ini Justru Jadi yang Paling Toleran

Lori Official Writer
1603

Berdasarkan hasil survey penilaian indeks Kota Toleran (IKT) 2022, lembaga survey Setara Institute menetapkan 10 kota yang paling toleran di Indonesia. Hasil survey ini menjadi bukti bahwa di tengah toleransi yang sudah semakin memudar belakangan ini masih ada kota atau daerah yang menjunjung dan melestarikan sikap toleransi di tengah kehidupan bermasyarakat, khususnya antarumat beragama.

Apakah kota Anda salah satunya? Mari simak di bawah ini:

10. Kota Magelang, Jawa Tengah

Kota Magelang menduduki posisi sebagai Kota Toleran ke-10 di Indonesia pada tahun 2023.  Berdasarkan survey Setara Institute, Kota Magelang mendapat nilai IKT 5.670.

Sebanyak 94 kota di Indonesia dinilai dengan delapan indikator yaitu rencana pembangunan, kebijakan diksriminatif, peristiwa intoleransi, dinamika masyarakat sipil, pernyataan publik Pemerintah Kota (Pemkot), tindakan nyata Pemkot memajukan toleransi, heterogenitas agama, serta inklusi sosial agama.

 

Baca Juga: Salah Satu Kota di Sulut Ini Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran Loh!

 

9. Kota Kupang, NTT  

Penobatan Kota Kupang sebagai Kota Toleran ke-9 membuat Wali Kota Kupang, George Melkianus Hadjoh bangga. Dia percaya kota Kupang ditetapkan sebagai kota toleransi karena memiliki toleransi yang tinggi terhadap semua umat beragama. 

Karena itu dia berpesan agar masyarakat tetap semangat untuk mempertahankan prestasi ini. “Semangat (toleransi) itu harus terus dipertahankan secara baik dalam kehidupan masyarakat,” ungkap Wali Kota Geoorge Melnianus Hadjoh.

Setara Institute mencatat nilai IKT Kota Kupang mencapai 5.687.

 

8. Kota Manado, Sulawesi Utara

Hampir setiap tahunnya kota Manado, Sulawesi Utara masuk dalam daftar Kota Toleransi. Tahun ini, kota letak Patung Tuhan Yesus Memberkati ini menduduki peringkat ke-8 sebagai Kota Toleran. Semetara nilai IKT-nya mencapai 5.767.

 

7. Semarang, Jawa Tengah

Tahun 2023, sebanyak empat kota di Tengah didaulat sebagai Kota Toleran. Tahun ini kota Semarang mencapai nilai IKT sebesar 5.783. Hal ini menjadi nilai lebih dari kota yang dipimpin oleh Gubernur Ganjar Pranowo ini. 

 

Baca Juga: Inilah 10 Kota Paling Toleransi di Indonesia Tahun 2022 Menurut SETARA Institute

 

6. Sukabumi, Jawa Barat

Kota Sukabumi menempati peringkat ke-6 Kota Toleransi. Wali Kota Sukabumi mneyampaikan bahwa penghargaan ini mendorong pemerintah untuk terus melestarikan kerukunan multi kulturalisme di tengah kehidupan masyarakat. 

 

Baca Halaman Berikutnya --->

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami