Saat Toleransi di Indonesia Semakin Memudar, 10 Kota Ini Justru Jadi yang Paling Toleran
Sumber: panelwarta.id

News / 12 July 2023

Kalangan Sendiri

Saat Toleransi di Indonesia Semakin Memudar, 10 Kota Ini Justru Jadi yang Paling Toleran

Lori Official Writer
1649

5. Kediri, Jawa Timur

Kediri menjadi satu-satunya kota dari wilayah Jawa Timur yang masuk dalam peringkat Kota Toleran dengan nilai IKT 5.850. 

 

4. Surakarta, Jawa Tengah

Kerukunan hidup antarumat beragama di Surakarta telah membawa kota ini menduduki posisi ke-4 sebagai Kota Toleran dengan nilai IKT 5.883. Di kota ini hampir semua peneluk agama, keyakinan dan etnis berkumpul. Setiap perayaan agama di kota ini disambut dengan hangat oleh para pemeluk agama yang berbeda. Inilah yang menjadi kelebihan dari kota Surakarta.

 

Baca Juga: 3 Cara Supaya Anda Jadi Kristen yang Toleransi Terhadap Perbedaan

 

3. Bekasi, Jawa Barat

Kota Bekasi meraih penghargaan Kota Toleran ke-3 setelah sebelumnya meraih peringkat ke-8 dari 94 kota. Melalui pencapaian ini Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyampaikan agar kota Bekasi tetap mempertahankan sikap toleransi dengan tidak memandang suku agama rasa dan agama apapun.

 

2. Salatiga, Jawa Tengah

Kota Salatiga kembali masuk 10 besar Kota Toleran di Indonesia. Dengan nilai IKT 6.417, kota ini menduduki peringkat kedua setelah Singkawang. Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi mengungkapkan prestasi ini merupakan penanda kerja kolaboratif dari pemerintah kota, forkopimda, FKUB, media, institusi pendidikan dan seluruh elemen masyarakat Kota Salatiga.

 

1. Singkawang, Kalimantan Barat

Setara Institute akhirnya menobatkan kota Singkawang sebagai kota paling toleran tahun 2023. Kota ini tetap mempertahankan posisinya setelah pada tahun 2020 dan 2021 berada di posisi pertama. Adapun nilai IKT yang diperoleh dan menjadi tertinggi adalah 6.583.

Apakah salah satunya adalah kota tempat Anda? Yuk terus tingkatkan prestasinya dan menjadi masyarakat yang tetap melestarikan kerukunan antarumat beragama. 

Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami