Salah Satu Kota di Sulut Ini Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran Loh!

Salah Satu Kota di Sulut Ini Masuk 10 Besar Kota Paling Toleran Loh!

Lori Official Writer
592

Kota kecil Sulawesi Utara (Sulut) ini sudah banyak dikenal sebagai kota yang penduduknya hidup harmonis. Hal ini tampak dari kebiasaan masyarakatnya yang berbeda agama hidup secara berdampingan.

Inilah yang dibanggakan oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dari Kotamobagu, Sulut. Dia mengklaim jika kota seluas 184.33 kilometer ini masuk dalam 10 besar kota paling toleransi di Indonesia.

Karena itu, dia mendorong supaya masyarakatnya terus menjaga toleransi yang sudah ada sejak dulu tersebut.

"Toleransi harus dijaga terus, sehingga budaya di Sulawesi Utara menjadi laboratorium kerukunan. Untuk masyarakat Kotamobagu dan sekitarnya juga harus selalu menjaga kerukunan," ucap Olly.

Tokoh agama setempat pun mengakui toleransi yang tercipta di Kotamobagu sudah tercipta sejak dulu.

“Sejak kecil, kita membiasakan anak-anak untuk belajar saling menghargai dan menghormati, sebagai sesama makhluk penghuni bumi,” ucap Ilham Manengke, salah satu tokoh agama muslim di sana.

Menurutnya, kerukunan yang ada di sana tidak terlepas dari peran dan kerja sama antar pihak pemerintah dan tokoh agama.

“Saya kira tidak ada agama yang menganjurkan ketidakbaikan. Jadi marilah kita selalu positif dalam memandang sebuah masalah, serta bisa tetap hidup berdampingan sehingga selalu bisa menciptakan rasa aman,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Sulut adalah salah satu provinsi paling toleran di Indonesia. Selama di bawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey, Sulut sendiri sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan toleransi nasional. Selain Kotamabagu, kota Minahasa juga jadi pusat kerukunan yang paling dibanggakan Sulut.


Baca Juga: Tradisi Monuntul dan Gereja Tua Ini Bikin Umat Beragama Kotamobagu Hidup Berdampingan


Pengakuan ini bukan hanya berasal dari dalam negeri saja, tetapi baru-baru ini Dubes Uni Eropa Mr Vincent Piket yang merupakan Dubes Delegasi untuk Indonesia dan Brunei Darussalam pun menyampaikan pujian serupa dan akan mengupayakan hadir dalam acara Pekan Kerukunan dan Konferensi Nasional FKUB yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

“Sungguh luar biasa daerah ini. Tentunya menjadi hal yang membanggakan dapat menghadiri kegiatan nasional tersebut di daerah ini. Salut melihat kerukunan di Sulut yang masyarakatnya hidup harmonis dan berdampingan,” ucap Mr Vincent.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami