Inilah 10 Kota Paling Toleransi di Indonesia Tahun 2022 Menurut SETARA Institute
Sumber: setara-institute.org

News / 11 April 2023

Kalangan Sendiri

Inilah 10 Kota Paling Toleransi di Indonesia Tahun 2022 Menurut SETARA Institute

Bella Tiurma Official Writer
1194

Pada kenyataan yang dapat dilihat oleh setiap orang pada pemberitaan di media sosial, begitu banyak permasalahan yang melarang mengadakan ibadah ataupun pembangunan gedung ibadah di beberapa daerah di Indonesia. Sehingga beberapa orang mendirikan sebuah organisasi SETARA Institute yang bertujuan untuk menghapuskan diskriminasi dan intoleransi atas dasar agama, suku, warna kulit, jenis kelamin, dan status sosial lainnya, serta meningkatkan solidaritas. 

SETARA institute merupakan sebuah organisasi yang didirikan di Indonesia untuk melakukan penelitian dan survey tentang demokasi, kebebasan politik, dan hak asasi manusia. Sejak tahun 2015 SETARA Institute telah merilis laporan hasil survey penetapan kota-kota di Indonesia dengan tingkat penerapan toleransi terbaik dan kurang baik. 

Objek kajian IKT 2022 dilakukan pada 94 kota dari total 98 kota di seluruh Indonesia. Dimana 4 kota yang dieliminir adalah kota-kota administrasi di DKI Jakarta yang digabungkan menjadi satu kota yaitu DKI Jakarta.  

Pada 4 April 2023 SETARA Institute merilis laporan keenam untuk kota-kota di Indonesia dengan tingkat penerapan toleransinya. Melalui siaran persnya, penetapan kota dengan tingkat toleransinya dilakukan dengan alat ukur Indeks Kota Toleran (IKT) 2022 yang berdasarkan oleh 4 variabel dan 8 indikator. 

Adapun 4 variabel yang termasuk di dalamnya adalah regulasi pemerintah kota, regulasi sosial, tindakan pemerintah, dan demografi sosio-keagamaan. Sedangkan 8 indikator yang menjadi penilaian, yaitu rencana pembangunan (bobot 10%), kebijakan diskriminatif (bobot 20%), peristiwa intoleransi (20%), dinamika masyarakat sipil (bobot 10%), pernyataan publik pemerintah kota (bobot 10%), tindakan nyata pemerintah kota (bobot 15%), heterogenitas agama (bobot 5%), dan inklusi sosial keagamaan (bobot 10%). 

Dari hasil penelitian yang dilakukan SETARA Institute, dihasilkan 10 kota yang paling toleransi di Indonesia tahun 2022. 

1. Singkawang dengan skor akhir IKT 6,583 

2. Salatiga dengan skor akhir  IKT 6,417 

3. Bekasi dengan skor akhir IKT 6,080 

4. Surakarta dengan skor akhir IKT 5,883 

5. Kediri dengan skor akhir IKT 5,850 

6. Sukabumi dengan skor akhir IKT 5,810 

7. Semarang dengan skor akhir IKT 5,783 

8. Manado dengan skor akhir IKT 5,767 

9. Kupang dengan skor akhir IKT 5,687 

10. Magelang dengan skor akhir IKT 5,670 

Dengan adanya organisasi ini yang melakukan sebuah penelitian dengan tujuan yang mulia, yaitu membantu dan mendukung pembangunan dan pembinaan ruang-ruang toleransi di kota yang dilakukan oleh pemerintah kota setempat, yang didukung dan berkolaborasi bersama elemen masyarakat secara umum. Sehingga setiap umat beragama dapat beribadah dengan tenang dan saling mengasihi untuk menciptakan kehidupan yang damai, serta tidak ada perilaku intoleran. Seperti yang tertulis di dalam Roma 14 : 19 “Sebab marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun.” 

Sumber : pgi.or.id | setara-institute.org
Halaman :
1

Ikuti Kami