15 Aplikasi Kecerdasaan AI yang Mempermudah Pekerjaanmu, Apa yang Baru Anda Ketahui?
Sumber: inixindojogja.co.id

Finance / 12 July 2023

Kalangan Sendiri

15 Aplikasi Kecerdasaan AI yang Mempermudah Pekerjaanmu, Apa yang Baru Anda Ketahui?

Bella Tiurma Official Writer
2767

Memasuki dunia modern saat ini, kemajuan teknologi yang terus berkembang memunculkan begitu banyak inovasi baru yang mampu mempermudah berbagai aspek kehidupan kita, termasuk dunia kerja. Salah satu inovasi yang menyita banyak perhatian di seluruh dunia adalah perkembangan teknologi terbaru dari aplikasi kecerdasaan buatan yang sering kita kenal dengan istilah Artificial Intelligence (AI). 

Kecerdasan AI telah mampu merevolusi cara kerja manusia dengan memberikan kemudahan dan efisiensi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Berbagai sektor industri mulai menggunakan AI sebagai solusi untuk mengatasi berbagai tantangan dan permasalahan pekerjaan. 

Dengan kemampuannya untuk mempelajari dan menginterpretasikan data, AI dapat memberikan solusi yang cerdas dan akurat dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan manusia. Perkembangan kecerdasan AI pun telah membawa dampak positif di berbagai sektor pekerjaan. Meskipun masih ada banyak tantangan yang harus dihadapi, dampak positif yang diberikan dalam kehidupan manusia tidak dapat kita abaikan begitu saja. 

Seiring perkembangan teknologi AI, masih banyak potensi yang dapat dijelajahi dan manfaat yang dapat ditemukan. Dengan semakin canggihnya aplikasi AI, diharapkan dalam waktu dekat manusia dapat merasakan manfaat yang lebih besar lagi dalam mempermudah pekerjaan dan mewujudkan efisiensi yang luar biasa. Berikut ini 10 aplikasi kecerdasan AI yang sudah ada dan terbukti mampu mempermudah pekerjaan Anda. 

1. Copy.ai - Copywriter 

Salah satu kecerdasan AI yang pertama kali banyak diperbincangkan oleh masyarakat di seluruh dunia adalah copy.ai, aplikasi yang mampu membantu untuk menulis berbagai materi. Kecerdasan ini dapat membantu untuk membuat penulisan dalam iklan, media sosial, website, surat, dan jenis lainnya. 

Kecerdasan yang diberikan AI ini mampu memberikan kemudahan untuk kita dalam menghindari plagiarisme pada tulisan yang kita buat. Sehingga aplikasi ini sangat meningkatkan kemudahan dan produktivitas dalam pekerjaan. Sehingga aplikasi ini sering dimanfaatkan oleh para pekerja di bidang digital marketing, content marketing, copywriter, dan social media spesialist. 

Cara menggunakan kecerdasan AI satu ini sangatlah mudah. Hanya dengan memberikan intruksi yang jelas, copy.ai secara otomatis akan memberikan jawaban ataupun menyediakan berbagai pilihan alternatifnya. Tak hanya itu, Copy.ai mampu memberikan kata-kata yang dapat menarik pembaca dalam menikmati konten yang kita ciptakan 

 

Baca Juga : 3 Tsunami yang Akan Melanda Dunia, Gereja-gereja Perlu Waspada!

 

2. JADBio – Pemrograman atau Data Scientist 

Salah satu aplikasi yang menjadi platform AutoML memberikan kemudahan bari ilmuwan data. Dengan menggabungkan beberapa platform machine learning end-to-end untuk menganalisis data. Bahkan aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai kecerdasan fitur di dalamnya. 

Kecerdasan AI yang dikembangan oleh JADBIO dan Gnosis Data Analysis ini merupakan aplikasi yang mampu memberikan kemudahan bagi para pemula yang belum memahami seputar coding. Sehingga aplikasi ini akan sangat berguna bagi par apemula progammer yang ingin mendalami machine learning karena dilengkapi dengan extraction tools

3. Generative Facial Prior-Generative Adversarial Network (GFP-GAN) - Photo Restoration atau Restorasi Gambar 

Kecerdasan AI yang dibuat untuk mengembalikan foto-foto lama menjadi sebuah foto dengan kualitas yang lebih baik secara instan. Aplikasi ini dikembangkan oleh Tencent dan menyediakan tools dalam mengambil informasi dari dua model AI untuk digabungkan mengisi detail foto yang hilang. 

Hadirnya GFP-GAN dapat membantu kita dalam mengembalikan kenangan lama di dalam foto. Melalui aplikasi ini foto lama dan sudah pudar sekalipun mampu di retouch dan menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik.

4. Lumen5 – Video Creator 

Jika kita ingin membuat sebuah video hanya dengan hitungan menit, AI memberikan kemudahan bagi kita dengan menggunakan Lumen5 yang menyediakan berbagai template dan format yang bisa kita gunakan dalam membuat sebuah konten video secara online dan gratis. 

Aplikasi yang bisa menghasilkan sebuah video berdasarkan urutan gambar dan transkrip yang kita masukan. Serta dengan Lumen5 kita bisa mendapatkan berbagai pilihan gambar dan klip video khusus yang bisa kita tambahkan ke dalam footage video sehingga memperindah hasil dari video. 

5. ChatGPT – Chatbot 

Selain Copy.ai ada juga ChatGPT yang menyita banyak perhatian masyarakat di seluruh dunia dengan hadirnya sebuah chatbot. Aplikasi ini ternyata dikembang oleh OpenAI yang menggunakan teknologi Generative Pre-trained Transformer 3. Teknologi yang mampu merancang sebuah mesin algoritma dalam memahami bahasa manusia dan memberikan jawaban sesuai dengan intruksi dan topik yang diberikan. 

Kemunculan kecerdasan AI ini mampu menghasilkan 1 juta pengguna hanya dengan 5 menit saja. Kecanggihan yang diberikan membuat kebanyakan orang mencoba dan memanfatkannya dalam pekerjaannya, terutama seseorang yang bekerja dalam bidang yang memerlukan barinstorming dan copywriting. 

 

Baca Juga : 5 Keuntungan Hadirnya Penggunaan AI dalam Sektor Keuangan

 

6. Dall-e – Image Creator 

Aplikasi lain yang dikembangkan langsung oleh OpenAI adalah Dall-e. Sebuah aplikasi yang bisa menghasilkan sebuah gambar secara nyata dari instruksi yang kita berikan dan bekerja hanya dalam hitungan detik saja. Gambar yang dihasilkan dari aplikasi ini dapat dikatakn sangat detail dan sesuai dengan apa yang kita perintahkan. 

Saat ini Dall-e telah memiliki 2 versi dengan perbedaan yang terletak pada peningkatan resolusi gambar dan dilengkapi fitur yang bisa membantu memberikan ide kreatif. Bahkan pada versi ke 2 nya ini, Dall-e mampu memberikan hasil gambar yang sulit dan rumit, misalkan sebuah objek dalam bentuk 3D atau islustrasi yang kita berikan dalam instruksi secar detail. 

7. Notion.ai - Copywriter 

Kecerdasan AI yang melengkapi aplikasi ini bisa membantu bisnis kita untuk lebih produktif lagi. Karena aplikasi ini hadir untuk membantu kita dalam mengelola pekerjaan dan produktivitas secara individu ataupun tim.  

Melalui aplikasi ini, kita dapat mengatur setiap informasi, projek, tugas, hingga jadwal setiap penggunanya secara pribadi atupun kolaboratif. Tak hanya itu, pada aplikasi Notion.ai bisa membuat databse, catatan, dokumen, dan agenda meeting. 

Seseorang hanya memberikan perintah yang jelas dalam bentuk teks, maka Notion.ai menghasilkan sebuah konteks dari berbagai kode yang dituju.

8. Lalal.ai - Audio Creator 

Setelah kita mengetahui adanya kecerdasan AI dalam membuat gambar dan video, kali ini AI menyediakan aplikasi yang dapat mengolah sebuah audio. Melalui Lalal.ai, kita dapat menghilangkan hal-hal yang diinginkan, seperti menghilangkan vokal, memisahkan audio dan musiknya, menghilangkan instrumen musik, hingga mengubah menjadi sebuah instrumental. 

Keunggulan yang disediakan oleh Lalal.ai ini memberikan hasil editing tanpa menghilangkan kualitas dari file aslinya. Sehingga aplikasi ini mampu memudahkan pekerjaan bagi para video editor. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini Anda perlu melakukan subscribe sebesar 15 Euro atau setara dengan Rp 250.000. Kita juga akan mendapatkan 90 menit jumlah maksimal audio yang diedit. 

9. Outmatch – Recruitment 

Salah satu kecerdasan AI satu ini bisa membantu para HR dalam memproses rekrutmen tenaga kerja. Outmatch mampu mengelola setiap proses rekrutmen secara end-to-end, mulai dari pemeriksaan riwayat pekerjaan hingga memberikan analisis kecocokan kandidat dengan pekerjaannya secara otomatis. 

 

Baca Juga : Ternyata Ini Sektor Industri yang Banyak Menggunakan AI

 

10. SurferSEO 

SEO sering kali terdengar ketika kita bekerja dalam mengelola website, sehingga hadirnya kecerdasan AI yang dapat membantu para pekerja untuk menyusun marketing yang cocok bagi perusahaan. Fitur yang diberikan aplikasi ini sangat lengkap dalam satu web, seperti fitur audit situs, keywoard, competitor analyst, backlink analyst, aptimasi, dan masih banyak fitur yang disediakan aplikasi ini. Namun, aplikasi ini tidak dapat digunakan secara gratis, kita perlu melakukan pembayaran jika ingin menggunakannya. 

11. Deepfake – Rekayasa foto, video, dan audio 

Salah satu kecerdasan AI yang saat ini membuat takjub banyak orang adalah aplikasi satu ini yang mampu merekayasa foto, video, hingga audio dari file aslinya. Sehingga hadirnya aplikasi ini sangat membantu bagi pekerja di industri digital creative dalam proses editing. Namun, hingga saat ini aplikasi ini masih belum sempurna dengan hasil yang tidak terlalu akurat dan serapih ketika dikerjakan oleh tenaga profesional.

12. Quillbot – Pharaphrase 

Sebuah aplikasi yang mampu melakukan pengecekan, parafrase, hingga memperbaiki struktur kalimat ini sering digunakan untuk memeriksa tata bahasa dari sebuah kalimat ataupun paragraf. Selain itu, dengan Quillbot kita bisa mendapatkan hasil tulisan dan ringkasan yang bebas plagiarism. 

13. Oracle AI – Software Development 

Aplikasi yang didesain secara langsung untuk meringankan para engineer dan designer dalam mengembangkan sebuah aplikasi. Oracle AI hadir dengan dasar machine learning yang mampu memberikan analisis feedback dari pelanggan dan membuat prediksi model yang akurat sesuai dengan data yang diberikan. Selain itu, Oracle AI memiliki fitur chatbot yang bisa memberikan evaluasi kebutuhan pelanggan dan menghubungkan mereka dengan sumber atau dukungan yang sesuai dengan kebutuhannya. 

 

Baca Juga : Penyakit Langka Pompe dapat Dideteksi oleh Teknologi Berbasis AI? Simak Penjelasannya!

 

14. Gong.io - Sales 

Bagi para sales dan retail mungkin dengan menggunakan salah satu kecerdasaan AI dari Gong.io bisa menunjang produktivitas bisnis perusahaan. Pasalnya, Gong.io dapat memberikan analisis setiap interaksi dengan pelanggan, memberikan visualisasi alur penjualan, hingga memperkirakan total transaksi di masa mendatang. Selain itu, Gong.io dapat menyediakan tafsiran dan analisis gaya penjualan yang optimal melalui berbagai aspek. Contoh aspek yang digunakan adalah bahasa, nada suara, hingga alur percakapan yang dapat diolah melalui algoritma canggih dari AI. 

15. Theano – Code Development 

Kecerdasan AI satu ini didesign langsung terintegrasi dengan Phyton dalam mengembangkan, pengoptimalan, dan meluncurkan sebuah code project. Theano mampu secara otomatis memberikan diagnosis dan menyelesaikan bug atau malfungsi dari sebuah sistem dengan membutuhkan sedikit saja external support.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami