Kasus Obesitas Meningkat?! Hati-hati dengan 7 Gejala Ini, Bisa Jadi Anda Sudah Obesitas
Sumber: kompas.com

Health / 10 July 2023

Kalangan Sendiri

Kasus Obesitas Meningkat?! Hati-hati dengan 7 Gejala Ini, Bisa Jadi Anda Sudah Obesitas

Bella Tiurma Official Writer
2117

Beberapa waktu belakangan ini kita sering mendengar kabar sejumlah kasus obesitas dari anak hingga dewasa yang telah menyita perhatian publik. Hal ini turut menjadi perhatian oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementrian Kesehatan RI yang berpendapat bahwa kasus obesitas ini termasuk penyakit yang perlu adanya intervensi secara menyeluruh. 

Selain itu, obesitas merupakan kasus multifaktor yang disebabkan oleh meningkatnya asupan energi, perubahan pola makan, hingga minimnya aktivitas fisik. Hal ini turut di dukung oleh beberapa aspek, antara lain aspek sosial ekonomi, budaya, perilaku, dan lingkungan. 

Di sisi lain, pengurus Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) sekaligus dokter spesialis penyakit dalam sub endokrin, dr. EM Yunir, SpPD, KEMD melalui konferensi pers virtual yang dilansir oleh detik.com menyatakan bahwa obesitas bisa terjadi karena adanya pengeluaran dan pemasukan kalori yang tidak seimbang. 

Gejala Obesitas yang Dapat Menyerang 

Menurut dr. EM Yunir ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai oleh setiap orang yang memiliki masalah berat badan, sebagai berikut: 

1. Sesak napas meskipun beraktivitas ringan 

2. Rasa kantuk yang sering datang 

3. Terdapat kelainan pada kulit 

4. Nyeri punggung di bagian bawah 

5. Mengalami gatal pada area lipatan yang lembab karena pertumbuhan jamur 

6. Mudah merasakan lelah 

7. Penumpukan lemak di beberapa area tubuh 

 

Baca Juga : Waspada Bahaya Obesitas Pada Anak Beresiko Terkena Penyakit Jantung dan Berujung Kematian

 

Selain itu, gejala yang bisa kita lihat secara jelas ditandai dengan nilai Indeks Masa Tubuh (IMT) 30 atau lebih. Nilai IMT bisa dihitung secara mandiri dengan cara membagi berat badan dalam satuan kilogram dengan dua kali tinggi badan dalam satuan meter kuadrat. Pengukuran nilai IMT merupakan nilai perkiraan lemak yang ada di dalam tubuh. 

Cara Pengobatan Obesitas 

Ketika tubuh telah masuk dalam massa yang berlebih, penanganan utama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengatur pola makan sehat. Karena obesitas dapat ditangani secara mudah dengan mengatur jumlah kalori yang masuk.

Sumber : detikhealth | halodoc.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami