Menyusul Saddleback, Gereja Elevation Putuskan Keluar Dari Denominasi Gereja SBC
Sumber: Christian Post

News / 1 July 2023

Kalangan Sendiri

Menyusul Saddleback, Gereja Elevation Putuskan Keluar Dari Denominasi Gereja SBC

Lori Official Writer
919

Gereja Elevation di North Carolina, yang dipimpin oleh Pendeta Steven Furtick, memutuskan untuk keluar dari denominasi gereja Protestan terbesar Amerika Southern Baptist Convention (SBC). Keputusan ini diambil setelah Gereja Elevation berafiliasi selama 20 tahun dengan SBC.

Keputusan ini tampaknya memang belum diumumkan secara resmi. Namun hal ini bisa dipastikan kebenarannya melalui Salinan surat yang diterbitkan secara online tertanggal 26 Juni lalu. Di dalam surat tersebut Gereja Elevetion memberi tahukan kepada Komite Eksekutif SBC bahwa keputusan mereka menarik diri dari denominasi tersebut akan segera berlaku.

 

Baca Juga: Denominasi Gereja Baptis Terbesar Amerika Keluarkan Dua Gereja yang Angkat Pendeta Wanita

 

“Surat ini bertujuan untuk memberitahu Anda bahwa Gereja Elevation akan segera menarik afiliasinya dengan Konvensi Baptis Selatan. Anda akan menemukan bahwa pernyataan keyakinan kami di situs website kami sangat sejalan dengan Iman dan Pesan Baptis, kami tidak berniat untuk mengubah keyakinan inti itu,” tulis Chunks Corbett, CFO dari Gereja Eleveation.

Corbett menegaskan bahwa gereja tidak ingin mengumumkan keputusan ini kepada publik. Karena mereka memilih untuk fokus mengabarkan kasih Tuhan kepada dunia daripada berkutat mempersoalkan hal yang saat ini sedang memanas di SBC. “Jika Komite Kredensial Anda memutuskan untuk membuat keputusan Gereja Elevation ke publik, kami hanya akan menanggapi dengan Salinan surat ini kepada siapapun yang menanyakan tentang pemberitaan ini,” ungkapnya.

Sementara reaksi dari para anggota SBC terhadap hal ini beragam. Beberapa anggota gereja menyampaikan bahwa keputusan megachurch tersebut akan menambah daftar keruntuhan dari SBC. “Domino jatuh sebagian besar dan mereka akan terus jatuh,” terang Dwight McKissic, pendiri sekaligus pemimpin gereja Cornerstone Baptist di Arlington, Texas.

 

Baca Juga: Rick Warren Sampaikan Pesan Menohok Kepada Gereja yang Tolak Angkat Pendeta Perempuan

 

Sementara seorang blogger bernama Kristen Michelle Lesley menilai bahwa pengunduran diri Gereja Elevation menjadi hal yang positif bagi SBC. “Karena Furtick menolak untuk bertobat, ini adalah hasil terbaik berikutnya,” tulisnya dalam sebuah cuitan di Twitter. 

Keputusan Gereja Elevation ini tampaknya memang berkaitan dengan sikap keras SBC terhadap gereja yang memilih kaum perempuan sebagai pendeta. Sikap ini awalnya ditentang oleh Gereja Saddleback yang sebelumnya dipimpin oleh Pendeta Rick Warren. Selanjutnya Gereja Elevation tampaknya mengikuti jejak tersebut.

Mari berdoa mendukung gereja-gereja untuk memiliki kesatuan hati dan fokus kepada mandat pelayanan yaitu memberitakan kasih Tuhan kepada semua orang dan tidak terfokus hanya kepada aturan-aturan gereja yang baku.

Halaman :
1

Ikuti Kami