Mau Ubah Karir Tapi Usia Sudah 30an? Ini yang Harus Dipertimbangkan
Sumber: canva.com

Finance / 22 June 2023

Kalangan Sendiri

Mau Ubah Karir Tapi Usia Sudah 30an? Ini yang Harus Dipertimbangkan

Claudia Jessica Official Writer
1223

Apakah Anda pernah berpikir atau memiliki keinginan untuk mengubah karir padahal usia Anda sudah menginjak angka 30-an? Tentu ada saja faktor dan berbagai alasan yang membuat Anda ingin mengubah karirnya.

Mengubah karir di usia 30-an adalah keputusan yang penuh dilema. Di satu sisi, Anda mungkin merasa tidak puas dengan pekerjaan saat ini dan ingin mengejar sesuatu yang lebih memuaskan. Di sisi lain, ada pertimbangan finansial, tanggung jawab, dan ketidakpastian yang harus dihadapi.

Beralih ke karir baru mungkin berarti memulai dari posisi awal dengan gaji yang lebih rendah, yang bisa menjadi tantangan jika Anda memiliki tanggungan keuangan atau kewajiban lainnya. Selain itu, ada pula ketidakpastian tentang apakah bidang baru akan sesuai dengan minat dan keinginan Anda, serta apakah akan ada peluang pertumbuhan dan perkembangan yang memadai.

Gagasan mengubah karir di usia 30-an pun masih menuai pro dan kontra seperti:

Pro dari Mengubah Karir di Usia 30-an

#1 Pertumbuhan dan Peningkatan Kepuasan

Mengubah karir bisa memberikan kesempatan untuk pertumbuhan Anda secara pribadi maupun secara profesional.

 

BACA JUGA: Pasangan Akan Berganti Karir? Lakukan Ini Agar Dia Tetap Semangat & Kalian Terus Harmonis

 

#2 Mengikuti Minat dan Passion

Di usia 30-an, Anda mungkin lebih mengenal minat dan passion Anda. Mengubah karir memungkinkan Anda mengikuti minat yang lebih Anda sukai sehingga dapat bekerja di bidang yang benar-benar Anda cintai.

#3 Pengalaman Kerja

Setelah beberapa tahun bekerja, Anda mungkin telah mengembangkan keterampilan dan pengalaman yang lain. Pengalaman tersebut dapat menjadi aset berharga, dan membantu Anda mempercepat untuk beradaptasi serta membuka peluang lebih besar di bidang yang baru.

Kontra dari Mengubah Karir di Usia 30-an

#1 Faktor keuangan

Mengubah karir bisa diartikan dengan memulai kembali dari awal dalam hal gaji dan keuangan. Penghasilan Anda mungkin lebih rendah pada awalnya, dan Anda juga perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pelatihan yang mungkin diperlukan.

#2 Keterampilan baru dan membutuhkan penyesuaian

 

Mengubah karir membutuhkan keterampilan dan penyesuaian dengan bidang yang baru. Belajar keterampilan baru dan menyesuaikan diri dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda bisa menjadi tantangan yang tidak mudah.

 

BACA JUGA: Berkat Dibalik PHK, Gara-gara Dipecat Perempuan Usia 50an Tahun Ini Belajar Jadi Programer

 

#3 Risiko Tidak Cocok

Ada risiko bahwa setelah mengubah karir, Anda mungkin menemukan bahwa bidang baru tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi atau minat Anda. Mencari tahu, menjelajahi, dan memahami bidang baru dengan baik sebelum membuat keputusan adalah hal yang sangat penting.

Mengubah karir di usia 30-an adalah keputusan yang kompleks dan harus dipertimbangkan secara cermat. Dengan memahami motivasi dan tujuan, serta mempertimbangkan pro dan kontra yang terkait, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana.

Jika Anda ingin mengubah karir saat berusia 30-an, mengambil waktu untuk merenung tentu merupakan hal yang penting. Libatkan Tuhan dalam pergumulan Anda dan mintalah Dia untuk menuntun Anda membuat keputusan yang benar, yang sesuai dengan kehendak-Nya.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman, dan membuat keputusan yang tepat sesuai dengan situasi dan kebutuhan pribadi.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami