Dibalik Kesuksesan Anak Disabilitas: Inilah Peran Penting Orangtua dalam Mendukung Mereka
Sumber: google.com

Parenting / 16 June 2023

Kalangan Sendiri

Dibalik Kesuksesan Anak Disabilitas: Inilah Peran Penting Orangtua dalam Mendukung Mereka

Claudia Jessica Official Writer
1975

Putri Ariani dan Surya Sahetapy adalah dua anak muda Indonesia yang beberapa hari terakhir ini menjadi sorotan di berbagai media. Hal ini tak lepas dari prestasi yang diraih oleh keduanya lewat bakat mereka masing-masing.

Putri Ariani menjadi sorotan usai mendapatkan Golden Buzzer dalam ajang pencarian bakat, America’s Got Talent (AGT), sedangkan Surya Sahetapy menjadi sorotan setelah menyelesaikan studi S2-nya di Amerika, yang diiringi dengan berbagai penghargaan lainnya.

Salah satu hal yang membuat keduanya menjadi lebih mengagumkan adalah mereka penyandang disabilitas.

Putri merupakan seorang penyandang tunanetra. Kendati demikian, perbedaan yang tersebut tidak menghalangi Putri untuk meraih impiannya sebagai seorang penyanyi. Sedangkan Surya merupakan seorang penyandang tuli yang berhasil menyelesaikan pendidikannya di RIT (Rochester Institute of Technology, Amerika) dengan beasiswa penuh. Bahkan Surya juga mendapatkan prestasi lain lewat 3 penghargaan sekaligus, yaitu International Student Outstanding Service Award, The Outstanding Graduating Student Award In The Master's Degree, NTID Graduate College Delegate.

 

BACA JUGA: Buang Jauh-jauh, 5 Stigma Anak Penyandang Disabilitas Fisik yang Tak Perlu Dipercaya Lagi!

 

Keberhasilan Putri maupun Surya tentu tidak lepas dari tekad mereka yang kuat dan dukungan dari keluarga mereka.

Putri mengatakan kalau dirinya tidak akan bisa berada di posisinya yang saat ini jika bukan karena dukungan kedua orang tuanya yang sangat mencintai Putri. Reny Alfianty, ibu dari Putri Ariani dengan gigih memperjuangkan impian sang anak untuk menjadi seorang penyanyi yang dapat dilihat oleh banyak orang. Sang ibu dan ayahnya, Ismawan Kurnianto dengan setia menemani Putri tampil di berbagai tempat, termasuk ajang Indonesia’s Got Talent di tahun 2004 silam hingga mendapat perhatian publik karena kemampuan menyanyinya yang luar biasa.

Surya, anak ketiga dari penyanyi Dewi Yull memiliki seorang kakak perempuan bernama Giscka Sahetapy yang merupakan penyandang tuli sama seperti Surya. Meski begitu, Dewi Yull mengungkapkan bahwa ia tidak pernah meragukan kemampuan anaknya meski mereka merupakan menyandang disabilitas dan diserang dengan berbagai stigma negatif dari orang lain.

 

BACA JUGA: Jangan Hina Aku yang Dilahirkan Tidak Sempurna

 

Pengasuhan yang diterapkan Dewi Yull seolah dibuktikan dengan prestasi kedua anaknya. Surya yang berhasil menyelesaikan pendidikan S2 nya di Amerika dengan beasiswa penuh dan meraih berbagai penghargaan, serta mendiang putrinya yang berhasil mengadakan pameran seni tunggal di Ismail Marzuki, Jakarta.

Menurut Dewi Yull, anak berkebutuhan khusus memiliki potensi yang sama seperti anak-anak normal lainnya. Mereka juga memiliki berbagai potensi yang beraneka ragam.

Dewi Yull memberikan pesan kepada Anda yang saat ini memiliki atau mengasuh anak disabilitas untuk tetap sabar dan mencintai mereka, “Bagi orangtua dan guru anak berkebutuhan khusus, bersabarlah dan cintailah mereka. Anda memiliki anak istimewa yang peka perasaanya. Mereka tahu Anda sedang senang atau sedih, bahkan ketika Anda sedang menyembunyikan kesedihan,” katanya.

Sebagai orang tua, Anda mungkin merasa terbebani dengan tanggung jawab ekstra dan mungkin tidak yakin tentang cara terbaik untuk memberikan perhatian dan dukungan yang sesuai. Namun, dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat menciptakan lingkungan yang penuh cinta, inklusif, dan membantu anak Anda meraih potensi terbaiknya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA →

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami