5 Gereja Terbesar dan Berarsitektur Unik di Indonesia Memiliki Kapasitas Ribuan Jemaat
Sumber: Jawaban.com

News / 3 June 2023

Kalangan Sendiri

5 Gereja Terbesar dan Berarsitektur Unik di Indonesia Memiliki Kapasitas Ribuan Jemaat

Bella Tiurma Official Writer
1606

Di Indonesia, memiliki beragam ras, suku, dan agama, salah satu keberagaman tersebut yaitu agama Kristen yang memiliki bangunan tempat beribadah yang megah dan luas hingga mampu menampung ribuan jemaat. Namun, beberapa gereja di Indonesia banyak dikenal dengan kemegahannya. Tetapi ada beberapa gereja dikenal dengan keunikan arsitekturnya yang sangat indah. 

Berikut 5 gereja terbesar di Indonesia berdasarkan kapasitas jemaatnya. 

1. Gereja Bethany, Surabaya 

Gereja terbesar pertama yang berada di Indonesia terletak di Surabaya. Tempat ibadah yang dibangun pada tahun 1979 oleh Pendeta Abraham Alex Tanusaputra yang termasuk salah satu gereja tertua dan masih termasuk ke dalam bagian dari Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI). Gereja ini termasuk kedalam salah satu properti terbesar di Asia Tenggara yang dapat menampung jemaat sebanyak 35.000 jemaat. 

 

Baca Juga : Mengenal Westminster Abbey sebagai Gereja Tertua hingga Lokasi Penobatan Raja Charles III

 

2. GBI Kerajaan Allah, Solo 

Pada posisi kedua gereja terbesar di Indonesia ditempati oleh GBI Kerajaan Allah di Solo yang sudah berdiri dari tahun 1989 dengan kapasitas 30 ribuan jemaat. Gereja ini bukan hanya menampilkan kemegahannya saja, tetapi gereja ini memiliki saluran radio sendiri yaitu radio FM El shadai dan TA TV. 

3. Gereja JKI Kerajaan Allah, Semarang 

Gereja yang memiliki kapasitas terbesar selanjutnya ditempati oleh Gereja JKI Kerajaan Allah yang terletak di Kota Semarang. Gereja yang berdiri pada tahun 2007 memiliki kapasitas jemaat sebanyak 12.000 jemaat. Tak hanya itu, gereja yang terkenal dengan misi pelayanannya membimbing hamba dalam kasih Allah ini memiliki cabang di Yogyakarta dengan kapasitas jemaat sebanyak 1.500 jemaat. 

4. GBI Mawar Saron, Jakarta 

Gereja yang terletak di daerah Kelapa Gading, Jakarta yang didirikan pada tahun 1992 di tanah seluas 9.780 meter persegi. Pertama kali berdiri gereja ini hanya bisa menampung 2.000 jemaat. Namun, dengan adanya renovasi untuk memberikan tempat yang nyaman saat beribadah, saat ini GBI Mawar Saron mampu menampung jemaat hingga 10.000 jemaat.

 

Baca Juga : 6 Fakta Unik Vatikan Sebagai Pusat Gereja Katolik di Dunia

 

5. Gereja Reformed Injili Indonesia, Jakarta 

Gereja yang berdiri di atas tanah seluas 12.000 meter persegi ini memiliki kapasitas jemaat sebanyak tujuh ribuan jemaat. Selain itu, Gereja Reformed Injili Indonesia memiliki dua aula utama dengan ukuran besar. Dimana salah satunya adalah Messiah Cathedral Hall dengan 4 lantai yang mampu menampung jemaat sebanyak lima ribuan jemaat. 

6. GBI Rock Lembah Pujian, Bali 

GBI Rock Lembah Pujian yang terletak di Bali, dikenal sebagai salah satu gereja di Indonesia yang menganut aliran karismatik ini pada awalnya memiliki kapasitas kurang lebih 4.500 jemaat. Namun, seiring berkembangnya jumlah jemaat yang hadir, pada tahun 2006 gereja melakukan renovasi total hingga memiliki kapasitas jemaat sebesar 5.400 jemaat.

Sumber : idntimes.com | berita.99.co | popmama.com
Halaman :
1

Ikuti Kami