6 Fakta Unik Vatikan Sebagai Pusat Gereja Katolik di Dunia
Sumber: idntimes.com

News / 8 May 2023

Kalangan Sendiri

6 Fakta Unik Vatikan Sebagai Pusat Gereja Katolik di Dunia

Bella Tiurma Official Writer
1293

Ketika mendengar kata Vatikan, tentu setiap orang akan mengingat sebuah negara sekaligus pusat gereja Katolik di seluruh dunia. Negera dengan ibukota Vatikan ini terletak di Eropa khususnya di kota Roma, Italia. 

Negara yang memiliki keindahan kota, karya seni yang tak terhingga, dan pemerintahan negara yang di pimpin oleh seorang Paus. Selain itu, ada beberapa fakta unik yang terdapat pada Negara Vatikan ini. Yuk simak 5 fakta uniknya! 

1. Negara dalam Negara 

Pada zaman dulu, Vatikan adalah sebuah negara Kepausan yang memiliki setengah daerah kekuasan dari Semenanjung Italia. Dimana setelah revolusi terjadi, kerajaan-kerajaan kecil menjadi satu dan Negara Kepausan mengalami perpecahan. Sehingga tersisalah kompleks kecil yang terdapat di atas bukit Vatikan. 

2. Perpustakaan dengan Koleksi Buku Terbanyak 

Perpustakaan yang berada di Vatikan ini merupakan perpustakan dengan koleksi buku terbanyak di dunia yang memiliki koleksi buku sebanyak lebih dari 1,1 juta. Dimana setiap tahunnya perpustakaan ini menerima penambahan buku baru sebanyak 6.000 buku. Namun, koleksi buku pada perpustakaan ini di dominasi oleh buku-buku dengan bahasa Latin, Ibrani, dan Yunani. 

3. Memiliki Lintasan Kereta Api Terpendek di Dunia 

Negara dengan luas wilayah yang kecil ini pun juga memiliki lintasan kereta api. Dimana lintasan ini menjadi lintasan terpendek di dunia dengan panjang 300 meter. Perlintasan kereta api ini hanya memiliki satu stasiun dengan kereta pembawa barang. Sehingga dalam perlintasan kereta api ini tidak menyediakan kereta reguler. 

4. Bangunan Basilika St. Petrus 

Salah satu gereja tertua di dunia yang dibangun pada abad keempat dengan luas lahan sekitar 23.000 hektar dapat menampung sekitar 60.000 jemaat. 

Sebuah bangunan ikonik dari Gereja Basilika St. Petrus ini terletak di atas makam pemimpin Gereja Katolik, Santo Petrus. Selain itu, gedung Basilka St. Petrus juga menjadi tempat terakhirnya para Paus, pejabat gereja, sampai bangsawan pada masa lalu. Makam-makam ini pun memiliki desain yang indah dan cukup menonjol. 

5. Kewarganegaraan yang Bisa di Dapat Melalui Pekerjaan 

Pada umumnya, kewarganegaraan seseorang ditentukan oleh tempat dilahirkannya, namun berbeda dengan Vatikan yang bisa mendapatkan kewarganegaraan ditentukan dari pekerjaannya. Hal ini dilihat dari pekerjaan dengan kapasitas tertentu di pelayanan Tahta Suci untuk bisa menjadi warga negara Vatikan. Sehingga ketika seseorang kehilangan pekerjaan, berarti dirinya secara otomatis kehilangan kewarganegaraannya. 

6. Rabu Pagi bersama Paus 

Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Paus pada setiap hari Rabu pagi, dimana Paus mengadakan sebuah Audiensi Kepausan sebagai kesempatan bagi para umat Katolik untuk bertemu dengan Paus. Paus akan berbicara pada publik menggunakan berbagai bahasa dengan tujuannya perjalanannya ke alun-alun St. Petrus, dan berakhir Paus akan memberikan berkat pada orang-orang. 

Sumber : kumparan.com | cnnindonesia.com | travel.detik.com
Halaman :
1

Ikuti Kami