5 Keuntungan Hadirnya Penggunaan AI dalam Sektor Keuangan
Sumber: jojonomic.com

Finance / 2 June 2023

Kalangan Sendiri

5 Keuntungan Hadirnya Penggunaan AI dalam Sektor Keuangan

Bella Tiurma Official Writer
1202

Sektor keuangan merupakan salah satu sektor yang mampu memberikan keuntungan besar di dunia. Namun, sektor ini pun termasuk salah satu yang paling tidak stabil. Oleh karena itu, seiring berjalannya perkembangan teknologi saat ini, sektor keuangan perlu adanya dorongan transformasi digital, termasuk penggunaan Artificial Intelligence (AI). 

Masa-masa pandemi adalah fase yang sangat mempengaruhi pada sektor keuangan. Dimana selama pandemi, dalam sektor ini perlu berusaha dengan kuat untuk melawan resesi, penurunan pasar saham yang cepat, inflasi, dan banyaknya permintaan cepat dari pelanggan yang semakin berkembang. 

Hal inilah yang menjadi pemicu bagi sektor keuangan untuk mencari cara dalam mengurangi biaya sekaligus meningkatkan efisiensi, dan disinilah penggunaan AI dapat hadir untuk membantunya. Karena lembaga-lembaga keuangan saat ini, seperti bank komersial, perusahaan asuransi, perusahaan investasi, dan pialang berlomba-lomba menguji cobakan penggunaan AI untuk mendukung lingkungan keuangan. 

Penggunaan AI dalam sektor keuangan dalam jangka panjang mampu memberikan kekuatan yang besar. Ada beberapa keuntungan yang dapat diberikan jika sektor keuangan mau memulai menggunakan AI, antara lain

 

Baca Juga : Ternyata Ini Sektor Industri yang Banyak Menggunakan AI

 

1. Adanya Tindakan Pencegahan Penipuan 

Kecerdasaan yang diberikan oleh AI sangatlah kuat, sehingga AI mampu dilatih untuk membaca dan mengidentifikasi pola dalam data pada pembelajaran mesin. Dimana hal ini merupakan sebuah hasil dari model pembelajaran mesin yang digunakan untuk memperhitungkan hasil melalui data dan berbagai risiko yang mungkin saja terjadi. 

Penggunaan AI dalam sektor keuangan, mampu memberikan peringatan sederhana kepada pengguna dalam mendeteksi pola yang menunjukkan sebuah aktivitas penipuan seperti serangan phishing. Sehingga bank dan lembaga keuangan lainnya mampu mendapatkan keuntungan untuk menghentikan penipuan sebelum terjadi kepada para pelanggan. 

2. Memberikan Peningkatan dalam Pelayanan Kepada Pelanggan 

Berdasarkan kutipan pada fool.com, the ascent memaparkan sebuah studi dimana ada 92% dari hasil survei nasabah bank memiliki pendapat bahwa layanan pelanggan sangatlah penting untuk memutuskan denga siapa kita akan membuka rekening. 

Tak hanya itu, sebanyak 91% berpendapat bahwa akses seluler dan online suatu hal yang penting. Untuk itu, bank dan lembaga keuangan lainnya dapat beralih ke AI untuk memberikan peningkatan layanan dan akses yang diharapkan pelanggan.

Dalam hal ini, penggunaan AI dapat dimanfaatkan sebagai teknologi penggunaan chatbot dengan akses 24/7 yang bisa diaktifkan ke informasi rekening bank. Yang berarti para pelanggan mampu melakukan pengecekan saldo akun hingga mendapatkan pemahaman berapa banyak yang telah dihabiskan hanya dengan berbicara dengan chatbot. 

 

Baca Juga : Petinggi Teknologi Tegaskan Bahayanya Artificial Intelligence?

 

3. Memberikan Penilaian dan Manajemen Risiko 

Penggunaan AI bagi perusahaan investasi akan mendapatkan banyak keuntungan, karena AI mampu dilatih untuk memberikan penilaian risiko atau kejadian yang umum dalam sektor keuangan. Sehingga setiap perusahaan investasi akan mendapatkan hasil sebelum melakukan suatu investasi dalam penentuan seberapa besar risiko yang mungkin terjadi dalam investasi tersebut. 

Selain itu, AI mampu memberikan pengaturan otomatis dalam penilaian risiko melalui pembelajaran mesin. Penggunaan AI juga dapat dilatih untuk memahami faktor-faktor risiko tertentu dan mengidentifikasi sebuah pola selama penilaian. Serta mampu menyatakan besaran risiko yang akan terjadi dalam suatu investasi. 

4. Memberikan Penasihat Otomatis 

Kelebihan yang diberikan AI dalam hal ini mampu memberikan pengelolaan portofolio keuangan dan memberikan saran. Hal ini merujuk pada teknologi yang dapat mendeteksi anomali dan tren dalam sebuah data keuangan pelanggan, sehingga AI dapat dijadikan sebagai penasihat keuangan. 

Tak hanya itu, kecanggihan yang diberikan dari teknologi AI ini dapat digunakan untuk memilih investasi berdasarkan data atas nama pelanggan tiap perusahaan. Inilah keuntungan yang diberikan AI sebagai alat yang memiliki fungsi sebagai manajemen portofolio. 

 

Baca Juga : Pengaruh Artificial Intelligence Terhadap Generasi dan Kehidupan

 

5. Membantu Pekerjaan Manual dan Mengurangi Kesalahan 

Pada sektro keuangan, kesalahan dalam meletakan sebuah koma akan memberikan dampak yang sangat luar biasa. Dimana kesalahan-kesalahan kecil akan terjadi pada pekerjaan yang dilakukan secara manual. Sehingga keunggulan utama yang dimiliki teknologi AI adalah menyediakan pengaturan otomatis pada tugas-tugas manual. 

Keunggulan yang diberikan termasuk mengerjakan pembukuan standar hingga kepatuhan pajak. Namun, dalam hal ini akan memberikan dampak bagi pekerjaan manusia secara manual yang digantikan oleh AI untuk mendapatkan hasil pekerjaan dengan kurangnya kesalahan yang merugikan bagi perusahaan.

Sumber : eweek.com
Halaman :
1

Ikuti Kami