4 Pelajaran Penting yang Dapat Dimaknai dari Kenaikan Yesus Kristus
Sumber: tribunnews.com

Kata Alkitab / 17 May 2023

Kalangan Sendiri

4 Pelajaran Penting yang Dapat Dimaknai dari Kenaikan Yesus Kristus

Bella Tiurma Official Writer
2104

40 hari setelah kebangkitannya Yesus naik ke surga, dimana peristiwa kenaikan ini sebagai tanda turunnya Roh Kudus dan sebagai momentum penghormatan Yesus yang rela mati di kayu salib dan bangkit. Terlepas dari momentum penting karya penebusanNya di kayu salib, peristiwa kenaikan Yesus tentu tak kalah pentingnya. 

Tak jarang umat Kristiani menjadikan kenaikan Yesus hanya sebatas perenungan secara pribadi, maka melalui makna kenaikan Yesus yang dapat dijadikan sebagai pelajaran penting oleh setiap orang. 

1. Yesus datang dan Dia akan kembali lagi 

“Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.” - Yohanes 14 : 3 

Baca Juga : 4 Alasan Kenapa Kenaikan Yesus ke Surga Penting Bagi Orang Percaya

Kenaikan Yesus memberikan pelajaran bagi setiap umat Kristiani bahwa Ia perlu kembali ke surga untuk menerima tempat yang selayaknya. Yesus naik ke surga supaya umat manusia memiliki tempat bersamaNya di surga, dimana kehidupan yang dijalani saat ini hanyalah sementara dan dapat berakhir ketika Ia datang kembali. 

Melalui Firman Tuhan dalam Ibrani 9 : 27 yang mengatakan bahwa “Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi,” Dimana kematian merupakan sesuatu hal yang pasti terjadi dan setiap umat manusia tidak dapat menghindarinya. 

Oleh karena itu, sebagai umat Kristiani perlu adanya rasa syukur atas kematian yang bukan menjadi akhir dari hidup kita. Tetapi melalui kematian Allah akan membawa setiap umatNya keluar dari dunia yang fana dan pergi ke surga yang baka. 

2. Yesus menurunkan Roh Kudus sebagai teman dalam hati setiap umat manusia 

Melalui kisa kenaikan Yesus yang menunjukkan pada setiap umat Kristiani bahwa Ia tidak meninggalkan kita sendirian di dunia saat Yesus naik ke surga. Melalui para muridNya, Yesus memberitahukan bahwa Roh Kudus akan turun dan hadir dalam hati umat manusia untuk menghibur kita setelah Ia pergi. 

Dari Roh Kudus, setiap umat Kristiani diberikan kekuatan untuk melakukan banyak hal karena Tuhan telah mengirimkan Sang Penghibur bagi kita. Karena hidup umat Kristiani tidak hanya bergantung pada sesuatu yang ada dalam dirinya sendiri, pada apapun atau pada siapapun, tetapi hanya pada kuasa Roh Kudus. 

“Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman Tuhan kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman Tuhan semesta alam.” - Zakharia 4 : 6 

Ketika Roh Kudus hadir dalam diri setiap umat Kristiani, maka Ia akan menginsafkan dosa, kebenaran, dan penghakiman, sesuai dengan yang tertulis dalam Yohanes 16 : 8 “Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;”

Baca Juga : 6 Fakta Penting Tentang Kenaikan Yesus ke Surga

Selain itu, Roh Kudus akan mengajarkan dan mengingatkan setiap umat Kristiani tentang apa yang Alkitab katakan. “tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” - Yohanes 14 : 26.

Tak hanya itu, hadirnya Roh Kudus dalam setiap umat Kristiani akan membantu kita untuk menjalani kehidupan yang berkenan pada Allah, seperti yang tertulis dalam Roma 8 : 13 “Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup.” 

Masih banyak pekerjaan Roh Kudus dalam hidup setiap umat Kristiani, karena tanpa Roh Kudus hidup setiap orang dapat diibaratkan seperti pelita tanpa minya dan garam tanpa rasa asin. Dimana manusia menjadi tidak berguna dan terbuang. 

3. Memiliki pekerjaan yang harus dilakukan 

Dalam kehidupan setiap umat Kristiani, peristiwa kenaikan Yesus telah memberikan pengajaran pada kita bahwa adanya pekerjaan yang perlu dilakukan untuk memenangkan jiwa dan memenuhi pelayanan yang telah Tuhan panggil atas kita. Setiap umat Kristiani perlu menyadari bahwa Yesus akan kembali, sehingga dalam proses kedatanganNya, setiap orang dapat memanen jiwa-jiwa melalui pemberian yang Tuhan berikan pada kita. Tak hanya itu, setiap umat Kristiani harus bersiap-siap untuk kedatanganNya kembali karena tak ada satupun orang yang tahu kapan hari itu tiba. 

Baca Juga : 20 Lagu Rohani Kristen untuk Menemanimu Merayakan Kenaikan Yesus Kristus

4. Rencana Tuhan atas karunia dalam hidup setiap umat Kristiani 

Pelajaran terakhir yang dapat diambil dari kenaikan Yesus mengenai keteraturan. Berawal dari kenaikan Yesus ke surga dan turunnya Sang Penghibur, Roh Kudus, dalam hidup setiap umat Kristiani. Dimana ada kuasa yang diberikan oleh Roh Kudus untuk setiap orang dapat melakukan mukjizat yang Yesus lakukan. 

Dalam kenyataannya, kehidupan setiap umat Kristiani sering kali memiliki keraguan yang telah menyelimuti hati dan pikiran yang membentuk sebuah pola pikir kalau kita tidak dapat melakukannya. Hal ini disebabkan karena setiap umat Kristiani memiliki karunia yang berbeda-beda. Beberapa orang dapat percaya sepenuhnya pada Tuhan untuk apapun, tetapi ada beberapa orang yang masih memiliki rasa takut untuk percaya pada Tuhan dalam hal-hal yang sulit. 

Tentu sangat mudah bagi setiap orang untuk tidak percaya dan merasa kalah, tapi Tuhan memiliki keinginan bahwa setiap umat Kristiani memahami bahwa seberapa besar Dia dan apa saja bisa Dia lakukan. Sehingga jangan biarkan rasa tidak percaya itu lebih mendominasi dalam diri setiap umat Kristiani. Karena sekalipun orang-orang tidak percaya, segala sesuatu akan menjadi mungkin bagi setiap mereka yang percaya. 

“Jawab Yesus: "Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!" - Markus 9 : 23

Sumber : crosswalk.com | beritabethel.com | jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami