Makna dan Perayaan Minggu Palma sebagai Awal Pekan Suci dalam Tradisi Kristen
Sumber: canva.com

Kata Alkitab / 2 April 2023

Kalangan Sendiri

Makna dan Perayaan Minggu Palma sebagai Awal Pekan Suci dalam Tradisi Kristen

Wisnu Prianggani Contributor
1989

Minggu Palma adalah hari dan perayaan yang sangat penting bagi umat Kristen di seluruh dunia. Pada minggu Palma, kita merayakan kedatangan Yesus Kristus ke kota Yerusalem, di mana Dia disambut dengan daun palem dan dibawa masuk ke kota dengan sukacita oleh para pengikut-Nya. Perayaan inilah yang menjadi awal dari Pekan Suci, yaitu minggu terakhir dalam masa Prapaskah, di mana umat Kristen memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan Yesus Kristus sebelum kematiannya dan kebangkitannya pada hari Paskah.

 

Sejarah Minggu Palma

Sejarah dari Minggu Palma berasal dari peristiwa dalam Kitab Suci ketika Yesus Kristus datang ke Yerusalem untuk memenuhi nubuat tentang Mesias yang dijanjikan. Seperti yang tercatat dalam Injil Matius 21:8-9, “Orang banyak yang sangat besar jumlahnya menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang memotong ranting-ranting dari pohon-pohon dan menyebarkannya di jalan. Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!”

Dalam peristiwa ini, orang-orang yang hadir di sana meyakini bahwa Yesus Kristus adalah Mesias yang dijanjikan dalam Kitab Suci. Mereka menyambut kedatangan-Nya dengan penuh sukacita dan harapan. Daun palem yang digunakan oleh mereka dalam penyambutan Yesus Kristus menjadi simbol kebahagiaan dan kemenangan rohani yang dibawa oleh Yesus Kristus.

 

Baca Juga: Mengiringi Prapaskah, Inilah Seluk Beluk Seputar Minggu Palma yang Perlu Anak Ketahui 

 

Permulaan Pekan Suci

Minggu Palma awal menjadi hari yang sakral dan penuh makna bagi umat Kristen karena peristiwa ini menandakan permulaan dari Pekan Suci. Selama Pekan Suci, kita memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan Yesus Kristus, mulai dari Perjamuan Terakhir, penderitaan dan kematian-Nya di kayu salib, hingga kebangkitan-Nya pada hari Paskah.

Peringatan-peringatan selama Pekan Suci diiringi dengan doa, pengakuan dosa, refleksi, dan ibadah. Kita diminta untuk merenungkan kembali makna dari karya keselamatan yang dilakukan oleh Yesus Kristus. Kita juga diajak untuk memperdalam hubungan kita dengan Tuhan dan merenungkan tentang kesempatan yang kita miliki untuk menerima keselamatan-Nya.

Dalam Injil Matius 26:26-28, “Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku." Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa” Perjamuan Terakhir Yesus Kristus menjadi peringatan penting dalam Pekan Suci. Pada saat itu, Yesus Kristus memberikan perintah baru kepada para murid-Nya untuk merayakan Perjamuan Kudus sebagai peringatan akan korban-Nya yang akan datang. Roti dan anggur yang dikonsumsi pada Perjamuan Kudus menjadi simbol dari tubuh dan darah Yesus Kristus yang ditawarkan untuk keselamatan kita.

 

Baca Juga: Peringati Minggu Palma, Begini Awal Dimulainya Pekan Suci di Yerusalem Menyambut Paskah

 

Selain itu, penderitaan dan kematian Yesus Kristus di kayu salib menjadi peringatan penting selama Pekan Suci. Penderitaan yang dialami oleh Yesus Kristus menunjukkan besarnya kasih Allah kepada umat manusia. Melalui penderitaan-Nya, kita dapat mengalami kesembuhan, pengampunan, dan keselamatan. Kita juga diajak untuk merenungkan tentang makna dari kebangkitan Yesus Kristus pada hari Paskah. Kebangkitan-Nya menandakan kemenangan-Nya atas dosa dan maut, dan menawarkan harapan bagi umat manusia untuk memperoleh hidup kekal.

Minggu Palma adalah hari yang sangat penting bagi umat Kristen karena kembali kita mengingat bahwa peringatan-peringatan dalam Pekan Suci mengajarkan kita untuk merenungkan kembali makna dari karya keselamatan yang dilakukan oleh Yesus Kristus. Melalui peringatan-peringatan ini, kita diajak untuk memperdalam hubungan kita dengan Tuhan dan berbuat baik kepada sesama. Semoga peringatan-peringatan selama Pekan Suci dapat membawa sukacita dan kedamaian bagi umat Kristen di seluruh dunia.

Halaman :
1

Ikuti Kami