Bisakah Penderita Asam Lambung atau GERD Berpuasa Tidak Makan dan Minum?
Sumber: canva.com

Health / 2 March 2023

Kalangan Sendiri

Bisakah Penderita Asam Lambung atau GERD Berpuasa Tidak Makan dan Minum?

Claudia Jessica Official Writer
1826

Puasa adalah kegiatan spiritual serta budaya yang telah dilakukan oleh berbagai orang dari berbagai golongan masyarakat selama berabad-abad. Pada umumnya, praktik puasa dilakukan oleh umat Islam, Kristen, Katolik, Yahudi, dan banyak lagi. Namun, beberapa kondisi kesehatan tertentu dapat mempengaruhi kemampuan berpuasa seseorang. Nah, yang sering menjadi pertanyaannya adalah apakah penderita asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) boleh melakukan ibadah puasa?

Asam lambung adalah cairan yang diproduksi oleh lambung untuk membantu mencerna makanan. Ketika asam lambung terlalu banyak diproduksi, bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit maag, GERD, atau penyakit refluks asam lambung. Beberapa gejala yang sering terjadi pada orang dengan penyakit asam lambung adalah mulas, mual, muntah, dan sakit perut.

 

BACA JUGA: Asam Lambung Nggak Lagi Jadi Penghambat Aktivitas Kalau Kamu Ikutin Saran Ahli Gizi Ini…

 

Lantas apakah orang dengan kondisi asam lambung atau GERD aman untuk berpuasa dalam kondisi seperti ini? Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menentukan apakah orang dengan penyakit asam lambung aman untuk berpuasa. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical and Experimental Gastroenterology menemukan bahwa puasa tidak mempengaruhi gejala asam lambung atau GERD pada orang dewasa sehat yang tidak memiliki riwayat penyakit gastrointestinal. Namun, studi ini tidak melibatkan orang dengan penyakit asam lambung atau GERD.

Sebuah penelitian tahun 2020 yang diterbitkan dalam Journal of Digestive Diseases and Hepatology melaporkan bahwa orang dengan GERD yang berpuasa selama bulan Ramadhan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gejala GERD yang lebih parah.

 

Dalam keadaan tertentu, dokter mungkin akan menyarankan agar seseorang dengan penyakit asam lambung tidak berpuasa. Ini termasuk ketika penyakit asam lambung yang dialami sangat parah atau ketika seseorang sedang dalam pengobatan yang intensif. Namun, jika seseorang merasa baik-baik saja dan gejala penyakitnya terkendali, maka dia dapat berpuasa dengan aman.

 

BACA JUGA: Dari Obat Batu Ginjal Sampai Diabetes, Ini Manfaat Besar Batang Pohon Pisang

 

Jadi, apakah orang dengan penyakit asam lambung boleh berpuasa? Meskipun ada beberapa risiko terkait dengan berpuasa bagi orang dengan penyakit asam lambung, namun dalam kondisi tertentu seseorang dengan penyakit asam lambung masih dapat berpuasa dengan aman.

Namun, jika Anda merasa gejalanya semakin parah, segera hentikan puasa dan cari bantuan medis. Selain itu, sebelum memutuskan untuk berpuasa, lebih baik berkonsultasi dengan dokter, terutama bagi mereka yang memiliki penyakit asam lambung atau gangguan gastrointestinal lainnya.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami