Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
2546


Asam lambung atau disebut juga gastroenteritis atau gastro esofagus adalah kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pada saluran pencernaan di dalam lambung dan usus kecil. Kondisi ini menyebabkan kombinasi diare, muntah, sakit serta kejang di bagian perut. Walaupun kedengaran tak berkaitan dengan influenza, asam lambung juga sering disebut dengan flu perut dan flu lambung.

Bagi penderita gastroenteritis ini pasti tahu betul rasanya saat penyakit ini kambuh. Mulai dari rasa nyeri di bagian perut, lemas dan juga mengalami dehidrasi dan penurunan nafsu makan. Hal ini berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari seperti bekerja ataupun liburan ke tempat-tempat jauh.

Cara terbaik menangani asam lambung

Seperti disarankan oleh para pakar gizi, penderita asam lambung bisa mencegah masalah penyakit ini dengan beberapa cara, diantaranya:

1. Lakukan Rehidrasi dengan minum air mineral

Rehidrasi adalah kunci dari mencegah penyakit asam lambung. Seperti kita tahu saat asm lambung kambuh, penderita akan mengalami dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh. Dehidrasi inilah yang biasanya menimbulkan sakit kepala, pusing, detak nafas berdenyut kencang, tekanan darah rendah, demam, rasa ngantuk, warna urine pekat dan sedikit. Saat penderita mengalami ini, ada baiknya untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup supaya cairan dalam tubuh kembali pada kondisi normal.

2. Minum minuman mengandung elektrolit dan gula

Selain air mineral, minuman yang mengandung elektrolit dan sedikit glukosa juga sangat baik dikonsumsi karena dapat menyeimbangkan kadar gula darah dan memberikan sedikit energi yang mudah dicerna.

3. Menunggu waktu makan yang tepat

Saat asam lambung kambuh, penderita biasanya akan kehilangan nafsu makannya. Penting untuk mendengar dan menunggu alarm dari tubuhmu ketika waktunya siap untuk makan.

4. Pilih Makanan yang mudah diserap tubuh

Roti bakar, kerupuk gandum adalah pilihan makanan yang mudah dicerna. Nasi atau pasta juga membantu tinja kembali dalam kondisi normal. Sementara, apel dan pisang bisa menambah energi dalam tubuh karena gula alami di dalamnya.

Sup ayam atau kaldu ayam adalah pilihan tepat untuk disantap karena cairan asin yang terkandung di dalam air sup bisa menggantikan ion yang hilang dalam tubuh. Mencampurkan kaldu ayam ke dalam pasta juga adalah salah satu menu yang bisa dicoba penderita asam lambung.

5. Hindari alkohol dan kafein

Alkohol dan kafein adalah musuh besar bagi infeksi lambung atau usus. Itu sebabnya penderita asam lambung sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein.

Bagaimana cara menangani asam lambung saat liburan?

Saat melakukan perjalanan jauh, tetap dalam kondisi fit adalah hal yang pastinya kamu inginkan. Jadi, supaya tidak sakit di tengah perjalanan bawalah perlengkapan medis secukupnya. Jangan lupa untuk memastikan tanganmu tetap bersih karena infeksi lambung bisa semakin bahaya saat terkontaminasi dengan bakteri. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi, pastikan bersih dan aman bagi lambung.

 

Mencegah memang jauh lebih baik daripada mengobati. Jadi, daripada harus nahan sakitnya yang nggak ketulungan. Mendingan atur pola makan setiap hari ya. Salah satunya, jangan sampai telat makan dan makanlah saat tubuhmu butuh dikasih asupan makanan.

Jadi itu saja sarannya dan semoga kita semua tetap diberikan kesehatan yang sempurna!

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Christian 14 August 2018 - 10:38:46

prolegomena

0 Answer

Adhe Adhe 12 August 2018 - 14:31:24

Tdak mungkin bagi manusia.. Apalagi sya sdh melaku.. more..

1 Answer

Adhe Adhe 12 August 2018 - 13:58:09

Apakah hidupku bsa dpulihkan setelah aku melakukan.. more..

1 Answer


Ridoe Perdana 14 August 2018 - 11:19:06
Saya mohon dukungan doa dalam masa pacaran agar di... more..

Fenfen 13 August 2018 - 18:10:19
Syalom sahabat2 semua, saat ini saya sedang ada pe... more..

Putri NT 1 August 2018 - 11:15:57
Damai sejahtera sahabat-sahabat semua. Saat ini sa... more..

Junedi fajri 18 July 2018 - 00:35:51
Saya minta didoakan agar bisa terlepas dari pengar... more..

Banner Mitra Week 2


7188

Gempa Lombok