Fenomena Layoff Masih Menghantui, Tingkat Pengangguran Melonjak
Sumber: Pexels

Finance / 28 February 2023

Kalangan Sendiri

Fenomena Layoff Masih Menghantui, Tingkat Pengangguran Melonjak

Wisnu Prianggani Contributor
1553

Layoff atau pemutusan hubungan kerja adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan dengan memberhentikan karyawan secara paksa. Fenomena ini masih menghantui bahkan tahun ini lebih ngeri. 

Menurut data dari Kementerian Ketenagakerjaan, pada tahun 2022 tercatat 25.114 orang Indonesia menjadi korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Fenomena layoff tidak hanya menimpa karyawan yang sudah bekerja lama, tetapi juga fresh graduate dan jobseeker yang baru memulai karirnya. Hal ini membuat para pencari kerja semakin kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Namun, ada beberapa tips agar tidak terkena imbas layoff, antara lain:

1. Meningkatkan Kompetensi dan Skill

Perusahaan akan mempertahankan karyawan yang memiliki kompetensi dan skill yang tinggi. Maka dari itu, lakukan upskilling atau peningkatan skill secara berkala agar dapat bersaing di pasar kerja.

 

Baca Juga: Jadi Korban PHK, Apa yang Harus Dilakukan?

 

2. Menjaga Kinerja dan Produktivitas

Selalu berikan yang terbaik di tempat kerja dan menjaga produktivitas agar terus memberikan kontribusi positif bagi perusahaan. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dari atasan dan membantu mempertahankan posisi kerja.

 

3. Memperluas Jaringan

Jaringan atau networking sangat penting dalam mencari pekerjaan. Selalu memperluas jaringan dengan berinteraksi dengan rekan kerja, pelanggan, atau bahkan teman-teman di media sosial.

 

4. Mencari Informasi Lowongan Kerja

Selalu mencari informasi lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian dan minat. Hal ini dapat membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru jika terjadi PHK.

Tingkat pengangguran yang melonjak menjadi salah satu dampak dari fenomena layoff ini. Kondisi ini memperburuk situasi ekonomi yang sudah terdampak oleh pandemi. Oleh karena itu, perlu adanya upaya dari semua pihak untuk mengurangi dampak layoff dengan memberikan pelatihan dan dukungan bagi para korban PHK agar dapat memulai kembali karir mereka.

 

Baca Juga: Inilah Alasan di Balik Maraknya PHK yang Dilakukan Berbagai Perusahaan Startup

 

Fenomena layoff masih menjadi momok yang menakutkan bagi karyawan di Indonesia. Namun, dengan melakukan beberapa saran yang telah disebutkan di atas, diharapkan dapat membantu mengurangi resiko terkena imbas PHK dan menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia. 

Jika Anda sedang mengalami musim yang sulit saat ini, ingatlah Filipi 4:13 yaitu “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” Tetap percaya dengan iman bahwa Tuhan akan memberikan Anda kekuatan untuk melewati musim yang sulit menuju masa depan yang penuh harapan.

Halaman :
1

Ikuti Kami