Jadi Korban PHK, Apa yang Harus Dilakukan?

Finance / 20 September 2022

Kalangan Sendiri

Jadi Korban PHK, Apa yang Harus Dilakukan?

Lori Official Writer
275

Secara mengejutkan perusahaan Startup e-commerce Shopee Indonesia memutuskan untuk melakukan PHK kepada ratusan karyawannya.

Ketidakpastian ekonomi di tahun 2023 dan kondisi geopolitik seperti perang Rusia-Ukraina, jadi alasan utama dari keputusan ini. 

Berdasarkan data, Shopee Indonesia tercatat melakukan PHK kepada 3 persen dari total 6.232 karyawannya. Itu artinya sekitar 180-an diantaranya menjadi korban PHK.

 

Apa yang Harus Dilakukan?

Sebanyak 180 korban PHK ini tentunya tak menduga akan terdampak hal ini. Kehilangan pekerjaan tentunya akan mengganggu keuangan. Apalagi jika karyawan hanya mendapatkan 1 kali gaji untuk pesangon.

Muncul rasa kuatir? Tentu saja. Tapi bukan berarti PHK adalah akhir dari kehidupan. 

Supaya tetap berpikir jernih, cobalah untuk mencerna kebenaran ini bahwa: Kehilangan pekerjaan bukan akhir dari segalanya. Anda bukan orang gagal, sebaliknya Tuhan mau Anda keluar dari pekerjaan tersebut untuk pekerjaan yang lebih baik. Jadi bersiaplah!

Jadi selama menantikan pekerjaan yang baru, artinya dibutuhkan kemampuan pengelolaan keuangan yang baik dan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang. 

 

Baca Juga: 

Pasanganku Meninggalkanku Saat Keuanganku Sedang Terpuruk, Mengapa Ini Terjadi?

4 Pelajaran yang Bisa Dipetik Karyawan Dari PHK Besar-besaran Perusahaan Startup

 

Jadi cobalah melakukan 3 hal ini:

Pertama, kurangi pengeluaran.

Selama menganggur, tabungan menjadi andalan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Jika ternyata jumlah tabungan hanya cukup untuk membiayai hidup selama beberapa bulan saja, maka cobalah membuat alokasi pengeluaran. Pastikan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan demi menghemat keuangan.

 

Kedua, tingkatkan skill.

Jika Anda ingin mendapatkan peluang pekerjaan yang lebih baik dari sebelumnya, mulailah mengisi waktu menganggur Anda untuk meningkatkan skill.

Tak perlu harus mengikuti kelas online berbayar. Karena ada banyak kelas online gratis yang membagikan ilmu di bidang yang Anda inginkan. Jadi, cobalah mencari peluang ini supaya ketika melamar pekerjaan baru, Anda memiliki nilai tambah yang menaikkan peluang Anda diterima oleh perusahaan.

 

Ketiga, perluas koneksi dengan orang-orang yang bekerja di bidang Anda. 

Di zaman ini, ada begitu banyak komunitas karir online yang bisa diikuti. Misalnya, Growth Space yang ada di Discort atau komunitas di sosial media dan Whatsapp.

Di dalam hidup ini, kita akan berhadapan dengan masalah yang silih berganti. Keuangan, pekerjaan, keluarga, hubungan dan sebagainya. Namun Tuhan mengizinkan hal itu terjadi supaya kita menyadari bahwa kita adalah manusia yang terbatas. 

 

Baca Juga:

Kena PHK? Saatnya Mengubah Musibah Menjadi Berkah

7 Kiat Bertahan Hidup Saat Kehilangan Pekerjaan

 

Apapun yang kita punya hari ini bisa hilang dalam sekejap. Tuhan mau kita mengandalkannya di dalam segala sesuatu, bahkan di masa-masa krisis keuangan yang kita hadapi saat ini.

“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.” (Yakobus 1: 2-4)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami