2 Simbol Bimbingan Tuhan di Padang Gurun, Tiang Awan dan Tiang Api
Sumber: Pexels

Kata Alkitab / 17 February 2023

Kalangan Sendiri

2 Simbol Bimbingan Tuhan di Padang Gurun, Tiang Awan dan Tiang Api

Wisnu Prianggani Contributor
2467

“TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam.” (Keluaran 13:21)

Ayat ini menggambarkan keajaiban yang memukau di mana tiang awan di siang hari dan tiang api pada malam hari membimbing bangsa Israel dari perbudakan Mesir ke Tanah Perjanjian. Selain menjadi penunjuk arah, tiang awan dan tiang api ini melambangkan kehadiran Allah dalam kehidupan mereka. Namun, apa sebenarnya bentuk dari tiang awan dan tiang api ini?

 

1. Tiang awan di siang hari

Menurut para ahli, awan yang muncul di Kitab Keluaran berbeda dengan awan biasa yang terbentuk akibat proses kondensasi uap air yang terangkat ke atas karena perbedaan suhu udara. Tiang awan di dalam Kitab Keluaran diyakini sebagai cuaca ekstrem yang diciptakan oleh Allah untuk membimbing bangsa Israel dengan bentuk seperti kolom yang menjulang tinggi di langit. Tiang awan diinterpretasikan sebagai kemuliaan Allah yang memberikan keteduhan dan mengurangi intensitas cahaya matahari sehingga membuat suhu menjadi lebih dingin bagi orang-orang Israel yang menempuh perjalanan jauh.

 

Baca Juga: 5 Tokoh Alkitab yang Melakukan Kejahatan Terhadap Saudaranya

 

2. Tiang api pada malam hari

Tiang api ini diyakini sebagai simbol kehadiran Allah yang selalu terlihat dengan nyala api yang tidak pernah padam. Sejarawan Yahudi bernama Flavius Yosefus menyatakan bahwa api ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan api biasa, karena bersifat ajaib dan tidak merembes atau membakar benda di sekitarnya. Cahaya terang dari tiang api ini cukup untuk membantu bangsa Israel saat melakukan perjalanan malam.

Meskipun kita masih belum sepenuhnya memahami bentuk dari tiang awan dan tiang api, keberadaan mereka menunjukkan keajaiban Allah dan kasih-Nya terhadap manusia. Menemukan arah yang tepat dalam hidup tidaklah selalu mudah, tetapi kita bisa memohon bimbingan Allah dan percaya pada kehadirannya agar dapat menemukan arah yang benar. Seperti tiang awan dan api yang memberikan arah bagi bangsa Israel, kita juga dapat menjadi tiang bagi orang-orang di sekitar kita dengan memberikan bimbingan, dukungan, dan kekuatan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

 

Baca Juga: Pelajaran Iman Dari 5 Tokoh Alkitab Yang Berdiri Teguh Dalam Tuhan

 

Sebagaimana yang Tuhan lakukan kepada orang Israel, kita juga sebagai umat Tuhan perlu mengambil posisi yang sama yaitu menjadi sumber dukungan dan kenyamanan bagi orang-orang di sekitar kita yang sedang mengalami kesulitan seperti tiang awan memberikan keteduhan bagi bangsa Israel. Dan kita juga dapat menjadi terang bagi orang lain yang sedang mengalami kesulitan seperti tiang api yang memberikan cahaya dalam kegelapan.

Halaman :
1

Ikuti Kami