Pelajaran Iman Dari 5 Tokoh Alkitab Yang Berdiri Teguh Dalam Tuhan
Sumber: google.com

Kata Alkitab / 13 February 2023

Kalangan Sendiri

Pelajaran Iman Dari 5 Tokoh Alkitab Yang Berdiri Teguh Dalam Tuhan

Wisnu Prianggani Contributor
17677

Dalam sejarah Alkitab, banyak sekali tokoh-tokoh yang menjadi contoh bagi umat Tuhan akan pentingnya mempertahankan iman dan mengasihi Tuhan. Dalam keadaan sulit dan rintangan, mereka tetap teguh dalam iman dan tidak takut untuk menjalankan perintah Tuhan. Berikut adalah 5 tokoh Alkitab yang rela mempertahankan iman mereka karena mengasihi Tuhan.

 

1. Daniel

Daniel, Daniel, yang dimasukkan ke gua singa karena melanggar larangan menyembah dewa atau siapapun selain Raja Darius. Daniel mengetahui penetapan larangan itu, tetapi dia tetap berdoa kepada Allah tiga kali sehari, ia tidak takut untuk mempertahankan imannya meskipun ia dimasukan ke gua singa sekalipun. Tuhan memberikan kekuatan dan berkat kepada Daniel untuk mempertahankan imannya.

 

Baca Juga: 7 Tokoh Alkitab yang Memilih Bunuh Diri, Ngeri!

 

2. Shadrach, Meshach, dan Abednego

Ketiga saudara ini juga dibawa ke Babel dan harus menghadapi tes iman mereka ketika dipaksa untuk membakar dupa kepada berhala raja. Namun, mereka tetap teguh dalam iman dan memilih untuk masuk ke dalam api yang menyala-nyala daripada membakar dupa kepada berhala. Dalam Daniel 3:17-18, Tuhan memelihara dan menyelamatkan mereka dari api tersebut.

 

3. Yusuf

Yusuf, seorang saudara dari 12 saudara, harus menghadapi banyak cobaan dan rintangan dalam hidupnya. Ia dibuang ke sumur oleh saudara-saudaranya, diculik dan dijual sebagai budak, dan dipenjara karena salah tuduh. Namun, Yusuf tetap teguh dalam iman dan tetap memegang teguh pada janji Tuhan bahwa ia akan menjadi pemimpin besar. Tuhan memberikan kekuatan dan kebijaksanaan kepada Yusuf untuk mempertahankan imannya.

 

4. Musa

Musa adalah pemimpin umat Israel yang harus memimpin rakyatnya keluar dari Mesir dan mengarungi gurun Sinai. Ia harus menghadapi banyak tantangan dan rintangan dalam memimpin rakyatnya, tetapi ia tetap teguh dalam iman dan menjalankan perintah Tuhan. Dalam Keluaran 3:12, Tuhan menyertai Musa yang memberikan kekuatan dan keberanian untuk memimpin rakyatnya.

 

Baca Juga: 3 Tokoh Alkitab yang Ajarkan Tentang Beriman Walau di Tengah Kemustahilan

 

5. Paulus

Paulus adalah seorang imam Yahudi yang memperoleh iman baru dan menjadi salah satu penginjil terbesar dalam sejarah Alkitab. Ia memiliki karir yang sangat berbeda sebelum memperoleh iman, namun setelah itu ia rela menjalani hidup yang sengsara dan penuh rintangan demi menyampaikan Injil. Ia harus menghadapi penahanan, pemukulan, dan pengasingan, tetapi ia tetap teguh dalam iman dan mempertahankan tekad untuk menjalankan perintah Tuhan. Dalam Filipi 1:21, Paulus mengatakan bahwa "bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan".

Ini adalah 5 tokoh Alkitab yang memiliki iman yang kuat dan rela mempertahankan iman mereka karena mengasihi Tuhan. Mereka adalah contoh bagi umat Tuhan untuk belajar memikul salib dan mempertahankan iman meskipun ada rintangan dan cobaan. Seperti yang disampaikan Yesus dalam Lukas 9:23, "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.

Halaman :
1

Ikuti Kami