5 Tokoh Alkitab yang Melakukan Kejahatan Terhadap Saudaranya
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 13 February 2023

Kalangan Sendiri

5 Tokoh Alkitab yang Melakukan Kejahatan Terhadap Saudaranya

Wisnu Prianggani Contributor
6574

Alkitab menuliskan beberapa banyak tokoh yang memiliki sifat dan tindakan buruk, tetapi salah satu hal yang sangat mengejutkan adalah mereka bersikap buruk terhadap saudaranya sendiri. Berikut adalah 5 tokoh Alkitab yang dikenal jahat kepada saudaranya:

1. Kain

Suatu ketika, Tuhan hanya menerima persembahan dari Habel dan tidak dengan persembahan dari Kain, sehingga membuat Kain merasa marah. Sebenarnya, tidak diterimanya persembahan Kain bukan karena kualitas persembahannya berbeda dengan Habel (menurut anggapan sebagian orang) tetapi karena sikap Kain yang tidak berkenan kepada Tuhan (1 Yohanes 3:12). Tuhan memberikan peringatan kepada Kain tentang bahaya dosa yang bisa muncul, namun meski demikian, Kain tetap membunuh Habel. Ini merupakan salah satu dari beberapa pembunuhan pertama dalam Alkitab dan memperingatkan tentang dampak dari iri dengki dan kemarahan.

 

Baca Juga: Mengetahui Maksud Tuhan dari Kisah Yusuf yang Dijual oleh Saudara-saudaranya

 

2. Saudara-saudara Yusuf

Oleh karena Yusuf sangat dikasihi oleh Yakub dan karena ia adalah anak yang jujur dan menjadi anak kesayangan sampai dibuatkan baju khusus, saudara-saudaranya sangat iri dan membenci Yusuf (Kejadian 37:2-3). Puncak kebencian saudara-saudara Yusuf terjadi ketika Yusuf dibuang ke dalam sumur kering, kemudian dijual kepada orang Ismael dan menjadi budak di Mesir.

 

3. Abimelekh

Raja Abimelekh yang tercatat dalam Hakim-hakim 9 memiliki kepemimpinan yang kurang baik dalam memerintah Israel. Caranya untuk menjadi raja sangat kejam, dimana ia meminta dukungan dari keluarga ibunya dan melakukan propaganda agar dipilih sebagai raja oleh masyarakat Sikhem. Dalam upayanya untuk mencapai tujuannya, ia tidak segan membunuh 70 saudaranya. Tercatat hanya satu saudaranya, yaitu Yotam yang berhasil selamat.

 

4. Esau

Esau adalah saudara dari Yakub yang memiliki perasaan marah dan dendam terhadap Yakub setelah dia kehilangan hak kesulungannya oleh karena Yakub yang bersiasat dan memanfaatkan Esau ketika sedang lengah. Oleh karena itu Esau membenci Yakub dan berniat membunuh Yakub demi membalas dendam (Kejadian 27:41). Tapi rencana itu gagal karena Yakub disertai oleh Tuhan.

 

Baca Juga: 4 Tokoh Alkitab Ini Alami Hal Mengerikan Karena Iri Hati

 

5. Amnon

Amnon adalah anak pertama dari Raja Daud. Kisah Amnon terkenal di dalam kisah 2 Samuel 13, Amnon jatuh cinta pada Tamar dan sangat menginginkan untuk memilikinya. Ia memikirkan berbagai cara untuk memperoleh Tamar, namun tidak dapat menemukan cara yang tepat. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk memperkosa Tamar dan bahkan mempermainkan hatinya.

Ini hanya beberapa contoh tokoh dalam Alkitab yang memiliki sifat buruk terhadap saudara mereka. Kisah-kisah ini pastinya membuat kita terkejut. Tetapi melalui kisah ini, kita bisa memetik pelajaran bahwa setiap saudara yang jahat ini didorong oleh rasa iri, benci dan motivasi yang jahat. Anda juga bisa mengajarkan hal ini kepada anak-anak maupun keluarga Anda sehingga saat konflik apapun yang muncul di tengah keluarga, tidak membuat keluarga saling membenci dan menghancurkan. Sebaliknya memilih untuk mengasihi dan memaafkan.

"Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu." (Efesus 4: 31-32)

Tuhan Yesus Memberkati.

Halaman :
1

Ikuti Kami