Menyerahkan Hidup Bagi Yesus dan Gerejanya
Kalangan Sendiri

Menyerahkan Hidup Bagi Yesus dan Gerejanya

Claudia Jessica Official Writer
      970

1 Korintus 12:12

Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 27; Matius 27; Keluaran 3-4

Tuhan tidak pernah memiliki rencana untuk membiarkan Anda menjalani hidup seorang diri. Dia ingin Anda menjadi bagian dari keluarganya, yaitu gereja. Gereja adalah rencana Tuhan sejak awal Ia menciptakan dunia.

Beberapa orang menganggap bahwa gereja adalah sebuah gedung, lembaga, atau sebuah acara yang perlu dihadiri. Tetapi lebih jauh dari itu, gereja adalah kita sendiri sebagai tubuh Kristus dan orang-orang percaya lainnya.

Alkitab berkata, “Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya.” (Efesus 1:5)

Ketika Anda menjadi bagian dari gereja, ada dua hal yang terjadi dalam diri Anda. Pertama, Anda berkomitmen kepada Yesus. Artinya Anda memberikan diri Anda kepada Tuhan dan menjadi orang Kristen. Kedua, Anda berkomitmen kepada orang-orang dalam keluarga gereja Anda. Artinya, Anda memberikan diri Anda kepada sekelompok orang-orang percaya lainnya.

Dalam 2 Korintus 8:5, Alkitab berkata, “Mereka memberikan lebih banyak dari pada yang kami harapkan. Mereka memberikan diri mereka, pertama-tama kepada Allah, kemudian oleh karena kehendak Allah juga kepada kami.”

Apa artinya menjadi bagian dari tubuh Kristus? Alkitab berkata, “Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.” (1 Korintus 12:12)

Untuk memahami bagaimana gereja beroperasi, lihatlah cara Tuhan merancang tubuh Anda. Tangan, hidung, limpa, dan hati Anda adalah bagian dari tubuh Anda. Mereka semua memiliki fungsi yang berbeda, tetapi bersama-sama membentuk satu tubuh fisik, sama seperti gereja Tuhan membentuk satu tubuh rohani.

Itulah mengapa Anda adalah bagian penting dari keluarga gereja Anda. Anda tidak bisa berkata, “Bagian saya, bakat dan kemampuan saya tidak dibutuhkan.”

Tidak ada bagian yang tidak dibutuhkan. Kita semua bergantung kepada satu sama lain, dan masing-masing dari kita memiliki peran yang berbeda.

Maksud Tuhan “sejak semula” adalah agar kita hidup bersama dalam keluarga-Nya.

 

Disadur dari Pastor Rick Warren.

Ikuti Kami