12 Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari dan Dimakan Saat Menderita Diare
Sumber: canva.com

Health / 4 January 2023

Kalangan Sendiri

12 Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari dan Dimakan Saat Menderita Diare

Claudia Jessica Official Writer
495

Saat diare, tubuh kehilangan banyak cairan dan elektrolit. Untuk membantu mengganti cairan dan elektrolit yang hilang, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak cairan, seperti buah-buahan. Berikut adalah beberapa buah yang dapat dikonsumsi saat diare:

#1 Apel: Apel mengandung pektin yang dapat membantu mengikat dan mengeluarkan tinja yang cair.

#2 Pisang: Pisang mengandung potasium yang dapat membantu mengganti elektrolit yang hilang saat diare. Pisang juga kaya akan serat yang dapat membantu mengencangkan tinja.

 

BACA JUGA: 5 Minuman Elektrolit Terbaik yang Bantu Atasi Dehidrasi dan Tingkatkan Stamina

 

#3 Jeruk: Jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk juga mengandung banyak air yang dapat membantu mengganti cairan yang hilang saat diare.

#4 Melon: Melon mengandung banyak air dan elektrolit yang dapat membantu mengganti cairan yang hilang saat diare.

#5 Anggur: Anggur juga mengandung banyak air dan elektrolit yang dapat membantu mengganti cairan yang hilang saat diare.

#6 Jambu biji: Jambu biji mengandung banyak air dan serat yang dapat membantu mengencangkan tinja.

Meskipun buah-buahan di atas dapat membantu mengganti cairan yang hilang saat diare, penting untuk mengkonsumsinya dengan moderasi. Sebaliknya, ada juga beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari, yaitu:

#1 Makanan yang berlemak: Makanan yang berlemak dapat memperburuk diare karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat menyebabkan pergerakan usus yang tidak teratur.

#2 Makanan yang pedas: Makanan yang pedas dapat memperburuk diare karena dapat menyebabkan iritasi pada usus dan memperlama proses pencernaan.

#3 Makanan yang mengandung banyak gula: Makanan yang mengandung banyak gula dapat memperburuk diare karena dapat meningkatkan produksi air dan cairan dalam usus.

#4 Makanan yang mengandung banyak fiber: Makanan yang mengandung banyak fiber dapat memperburuk diare karena dapat menyebabkan pergerakan usus yang tidak teratur.

 

BACA JUGA: Diare Muncul di Saat Gak Terduga, Jangan Panik! Coba 5 Ramuan Alami Ini Aja…

 

#5 Minuman yang mengandung alkohol: Minuman yang mengandung alkohol dapat memperburuk diare karena dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan produksi air dan cairan dalam usus.

#6 Makanan yang diawetkan: Makanan yang diawetkan, seperti daging asap atau ikan asin, dapat memperburuk diare karena dapat menyebabkan iritasi pada usus.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi maupun dihindari saat menderita diare. Jika diare semakin parah atau disertai dengan gejala lain, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami