Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
299


Perut tiba-tiba sakit gak tertahankan di saat-saat sibuk sama kerjaan? Rupanya penyebabnya gak lain adalah diare. Rasa sakit terus menerus pun memaksamu harus bolak-balik kamar mandi. Kondisi tubuh pun akan mulai ngedrop karena cairan tubuh banyak terbuang.

Saat seseorang diare, air besar yang dikeluarkan hanyalah berbentuk cairan. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit.

Bagi sebagian penderita diare, berobat ke dokter dan mengkonsumsi obat yang diare adalah jalan keluar yang paling mudah. Tapi bagi sebagian lainnya yang mungkin tak ingin bersentuhan dengan jarum suntik atau obat dokter pasti hanya akan mengkonsumsi obat alami pereda diare.

Ada 5 ramuan alami yang bisa sembuhkan diare, diantaranya:

1. Teh Herbal

Teh herbal adalah salah satu ramuan alami yang punya segudang manfaat kesehatan loh! Salah satunya bisa jadi ramuan pereda diare. Teh terbaik yang bisa dicoba adalah elm slippery,raspberry merah, jelatang, mint dan kayu manis. Teh elm slippery, misalnya, berguna untuk menenangkan saluran pencernaan dan membantu memulihkan peradangan dan iritasi. Jadi, kalau kamu saat ini sedang diare minumlah teh ini secara teratur setiap hari.

2. Minum sup iga atau sup sayuran

Sama dengan teh herbal, sup juga bermanfaat untuk menenangkan pencernaan yang sedang bermasalah. Kandungan kolagen dan gelatin yang ada di dalam sup iga bisa membantu memulihkan kembali sel-sel yang rusak.

3. Makanlah makanan yang difermentasi

Diare bisa menyebabkan penurunan bakteri baik dalam tubuh. Nah, untuk kembali meningkatkannya konsumsilah makanan-makanan yang mengandung probiotik. Salah satu sumber probiotik yang paling alami berasal dari makanan yang difermentasikan seperti sauerkraut, kimchi, kefir atau kombucha.

Baca Juga :

Tips dan Cara Mengatasi Diare

4 Makanan Mujarab Atasi Diare


4. Minum jus lidah buaya

Jus lidah buaya adalah minuman yang berkhasiat menjaga kesehatan pencernaan. Selain mudah ditemukan, kamu juga bisa mengolahnya dengan sangat mudah sebagai obat diare. Cobalah untuk mengkonsumsi jus lidah buaya sebanyak 2-4 gelas sehari. Minumlah jus ini sesaat sebelum makan untuk membantu sistem tubuh bekerja lebih baik.

5. Konsumsi lebih banyak serat

Serat bukan hanya membantu membersihkan racun dan kotoran di dalam saluran pencernaan. Tapi serat juga berfungsi sebagai probiotik yang mampu meningkatkan bakteri baik dalam tubuh.

Cobalah satu resep ini. Campurkan 1 sendok makan bubuk biji rami ke dalam 1 cangkir air panas. Aduk sampai bubuk menyatu dengan air, kemudian minumlah.

Nah, sudah tahukah cara tergampang atasi diare. Semoga dengan beberapa cara di atas bikin sakit diare segera pulih ya. 

Sumber : Lifehack.org/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Meilie 19 October 2018 - 15:39:12

Hutang

0 Answer

Barrydonald 19 October 2018 - 09:07:23

Tritunggal

0 Answer

Hanny Najoan 19 October 2018 - 08:31:06

Bisa dapat wanya terima kasih

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7273

advertise with us