Janganlah Jemu Berbuat Baik
Kalangan Sendiri

Janganlah Jemu Berbuat Baik

Riris Neil Yulinar Pakpahan Contributor
      688

Matius 5:16

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

 

Bacaan setahun : Mazmur 135; Yohanes 12; Ratapan 3

Saat pertama kali datang ke daerah yang saya tempati saat ini, seringkali saya membandingkan tempat ini dengan daerah dimana saya berasal. Tempat asal saya merupakan salah satu kota besar di Indonesia, segala sarana tersedia dengan lengkap bagi warganya.

Suatu ketika, di daerah baru ini, saya harus berjalan kaki bersama beberapa jemaat lain sejauh 200 meter dengan meninggalkan kendaraan kami di pinggir jalan. Kami menuju rumah sesama jemaat untuk beribadah. Rumah ini terletak di area perkebunan yang becek dengan penerangan yang minim. Tanpa persiapan apapun, saya mengikuti teman-teman yang sudah terlihat siap dengan sepatu karet yang memudahkan mereka berjalan. Dalam kebingungan saya, salah satu teman mengeluarkan handphone dan menyalakan senternya hingga saya bisa berjalan dan merasa sangat terbantu.

Dalam Matius 5:16, Yesus mengingatkan untuk setiap orang percaya mampu menjadi terang ditengah dunia yang gelap. Tentunya setiap perbuatan baik yang kita lakukan benar-benar dilakukan karena pimpinan dari Roh Kudus. Perbuatan baik yang kita lakukan akan dapat dilihat oleh banyak orang sebagai suatu cahaya di tengah kegelapan. Hingga setiap orang yang melihatnya akan memuliakan Allah.

Kehidupan kekristenan kita harusnya menjadi kitab yang terbuka bagi banyak orang. Tanpa harus banyak berkata-kata, harusnya setiap orang percaya mampu menjadi saksi Kristus dalam kehidupannya. Pelukan dan sentuhan bagi orang-orang yang kehilangan, tangan yang terulur memberikan bantuan, bahkan doa-doa yang diucapkan dari ruang-ruang gelap harusnya lebih bermakna dan berkuasa dibanding dengan kata-kata yang terucap.

Jika hari ini saudara masih bingung dengan apa yang harus dilakukan dalam dunia yang gelap, maka mari kita lakukan beberapa hal di bawah ini :

1.Teruslah menjadi terang dengan selalu melakukan kejujuran dan tidak kompromi dengan dosa.

2. Nyalakan terangmu dengan menjadi teladan bagi komunitas

3. Jadilah penentu arah untuk semua orang dapat mengenal Kristus.

4. Cahayailah dunia dengan terang sejati dalam hidupmu.

 

Maka Yesus berkata kepada orang banyak, “Akulah terang dunia, barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” (Yohanes 8:12)

Ikuti Kami