Pesan Penting Untuk Semua Orangtua

Relationship / 28 October 2022

Kalangan Sendiri

Pesan Penting Untuk Semua Orangtua

Lori Official Writer
693

Bayangkan Anda pergi ke rumah sakit. Anda merasa ada yang tidak beres dengan jantung Anda, berdebar-debar dan ritmenya abnormal. Jadi Anda masuk ke ruang periksa dan petugas mulai memasang berbagai peralatan untuk memeriksa jantung Anda. 

Hasilnya ternyata serius. Anda memiliki kondisi jantung yang membutuhkan operasi segera. Tentu saja Anda setuju. Anda segera menemui dokter. Setelah urusan administrasi, Anda dipersiapkan untuk operasi. Ketika Anda berbaring di meja bedah, Anda menemukan bahwa dokter Anda adalah orang yang sangat menarik. 

Dia tidak mempunyai gelar sebagai seorang ahli bedah jantung. Bahkan “dokter” itu mengatakan tidak pernah membaca satu pun buku tentang operasi jantung. Dia tidak benar-benar yakin dengan apa yang harus dilakukan untuk operasi jantung koroner ini. Tetapi dia adalah seorang Kristen yang sangat baik. Dia punya niat yang sangat baik untuk Anda - ia benar-benar ingin membantu! 

 

Baca Juga: Pengen Jadi Papa Mama Hebat? Disini Rahasianya Diungkap

 

Anda juga memperhatikan bahwa dia berdarah. Ada luka besar di pahanya. Memang sih, luka itu diperban. Tapi terlihat sekali darah merembes lewat perban itu. Akibatnya dokter ini hampir tidak bisa berjalan. 

Tak lama kemudian, dia mengambil pisau bedah dengan tangan kanannya dan suntikan anestesi di tangan kirinya. Ia berjalan tertatih-tatih ke arahmu.

Sekarang, apakah Anda akan tetap di meja itu dan membiarkan “dokter” mengoperasi jantung Anda? Atau apakah Anda akan bangun dan lari secepat yang Anda bisa?

Tentu saja Anda akan lari! Dia pasti dokter gila, bukan?

 

Pengasuhan yang Salah

Tahukah Anda, cerita ini ibarat gambaran yang banyak Anda lakoni sebagai orang tua. Anda merawat kesehatan mental, fisik, emosional, akademis, profesional, dan spiritual serta pertumbuhan satu atau lebih manusia. Tidak seperti pasien operasi jantung, anak-anak Anda tidak bisa lari dari Anda - mereka terjebak di tangan Anda. Karena Anda memegang kekuasaan penuh atas hidup mereka. 

Banyak orang tua membesarkan anak-anak mereka tanpa membaca satupun buku tentang cara mengasuh anak.

Banyak dari mereka masih berdarah karena luka dari masa lalu - masalah dengan orang tua mereka sendiri yang tidak pernah diselesaikan. 

Mereka belum memaafkan orang tuanya. Tapi yah, apa boleh buat. banyak orang berpikir, jika ada niat baik, apalagi kita adalah orang Kristen yang aktif di gereja, segala sesuatu soal pengasuhan ini pasti akan beres.

Bukan begitu juga! Kenapa? 

Karena pengasuhan itu sulit. Itu mungkin pekerjaan tersulit di dunia. Jika Anda ingin belajar cara mengendarai mobil, ada sekolah mengemudi. Jika Anda ingin tahu cara melakukan bypass jantung, ada sekolah kedokteran. Tetapi tidak ada universitas yang menawarkan gelar dalam mengasuh anak. 

 

Baca Juga: Beragam Pertanyaan Orangtua Soal Pengasuhan Anak Dijawab di Sini, Apa Saja Itu?

 

Apakah ada di antara Anda yang memiliki lulus dengan gelar “keayahan”? Atau “keibuan”? Tidak ada! 

Orang tua, Anda memiliki tanggung jawab yang luar biasa di tangan Anda. Kisah tentang dokter bedah itu mungkin lucu karena itu hanya cerita karangan. Tetapi hidup Anda sebagai orang tua itu nyata, dan anak-anak Anda sepenuhnya bergantung pada Anda. 

Tuhan memilih Anda untuk menjadi orang tua mereka. Itu panggilan yang luar biasa. Tetapi juga panggilan yang ada unsur menakutkannya. Anda harus menganggapnya serius. Sekarang Anda memiliki pekerjaan yang disebut pengasuhan. Apa tanggung jawab Anda? 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Moze Simanjuntak
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami