Beragam Pertanyaan Orangtua Soal Pengasuhan Anak Dijawab di Sini, Apa Saja Itu?

Beragam Pertanyaan Orangtua Soal Pengasuhan Anak Dijawab di Sini, Apa Saja Itu?

Lori Official Writer
806

3# Bagaimana cara membangun hubungan dengan anak yg sempat terpisah 4 tahun karena saya tinggal kerja keluar kota?

 

Penjelasan: 

Orangtua manapun tak pernah menghendaki hidup terpisah dengan anak dalam waktu yang lama.

Tapi menjadi keharusan bagi orangtua untuk terus membangun komunikasi jarak jauh setiap hari dengan anak, bisa lewat video call maupun telepon suara, mengirimkan video keseharian atau mengirim hadiah. Namun jika kondisi pekerjaan tidak memungkinkan untuk melakukan hal itu, maka kemungkinan besar anak memang akan kehilangan koneksi dengan ayah atau ibunya.

Jika orangtua rindu supaya koneksi itu kembali lagi, memang tidak akan mudah. Butuh proses dan usaha. Sesederhana kembali membangun komunikasi setiap hari. Lakukan pendekatan dengan anak, sesederhana memperkenalkan diri kembali dan mulai memberi anak perhatian penuh. Atau bila perlu ambil waktu untuk berlibur bersama anak.

 

4# Bagaimana mendampingi anak-anak kita, sedangkan kami orang tua kerja, berangkat pagi pulang malam. Adakah tipsnya?

 

Penjelasan:

Kehidupan di perkotaan memaksa kedua orangtua harus bekerja dari pagi hingga malam. Sementara anak harus dititip kepada pengasuh, keluarga dekat atau dititip di penitipan anak.

Tapi sesibuk apapun orangtua, perlu dipahami bahwa pekerjaan dan keluarga harus selalu seimbang. Supaya anak tidak kehilangan perhatian dari orangtua karena sibuk, cobalah untuk melakukan beberapa usaha ekstra ini:

1. Manajemen waktu setiap hari. Pastikan untuk pulang tepat waktu supaya orangtua bisa menghabiskan waktu malam bersama anak sebelum dia tidur. 

Jadi sebisa mungkin hindarilah pekerjaan lembur.

 

Baca Juga: Teruntuk Orangtuaku Tercinta, Tidak Hanya Uang Saja, Tapi Kami Pun Butuh Hadir dan Kasihmu

 

2. Manfaatkan waktu yang ada untuk tahu perkembangan anak. Ada banyak orangtua yang mungkin mendapati anak sudah tidur saat sampai di rumah. Jadi tak ada waktu untuk bercengkrama. Nah, supaya kedekatan dengan anak tidak terputus, cobalah manfaatkan waktu pagi sebelum kerja untuk ngobrol. Jika hal ini juga tidak memungkinkan dilakukan di pagi hari, pastikan untuk memakai waktu weekend saat libur kerja bersama dengan anak. 

3. Sempatkan untuk menghubungi anak di siang hari. Luangkan setiap waktu istirahat untuk menghubungi anak dan menanyakan aktivitas yang dilakukannya. Lakukan kebiasaan ini secara konsisten bersama pasangan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12345Tampilkan Semua

Ikuti Kami