Biar Gak Sia-sia, Perhatikan Waktu Minum Vitamin yang Benar Yuk!

Health / 27 October 2022

Kalangan Sendiri

Biar Gak Sia-sia, Perhatikan Waktu Minum Vitamin yang Benar Yuk!

Claudia Jessica Official Writer
555

Banyak sekali orang memberikan pendapatnya tentang waktu terbaik untuk vitamin. Ada yang berpendapat waktu terbaik minum vitamin adalah saat ketika perut kosong, setelah makan, bahkan ada juga yang bilang sebelum tidur.

Alasannya pun beragam, orang-orang yang berpendapat waktu terbaik minum vitamin di pagi hari karena baik bagi tubuh. Orang yang berpendapat waktu terbaik minum vitamin setelah makan maupun sebelum tidur tidak sepenuhnya salah.

Semua pendapat ini pasti membingungkan. Jika Anda juga merasa bingung, maka Anda berada di tempat yang tepat! Mari kita gali kebenaran tentang waktu yang tepat untuk minum vitamin.

Ada yang harus kita perhatikan sebelum memutuskan kapan waktu terbaik untuk minum vitamin.

Pertama, bukan waktu yang harus diperhatikan, tetapi jenis vitamin yang dikonsumsi

Tidak ada yang salah dengan minum vitamin di pagi atau sore hari, namun yang perlu diperhatikan adalah kita harus menyesuaikan waktu dengan jenis vitamin yang diminum.

Yang mendasari perbedaan ini adalah tidak semua suplemen atau vitamin akan dicerna dengan cara yang sama oleh tubuh.

Idealnya multivitamin yang mengandung beragam vitamin, zat besi, kalsium dan asam folat dikonsumsi pada pagi hari setelah sarapan atau makan siang. Multivitamin memiliki zat sintetis yang membuatnya jadi baik untuk diserap bersamaan dengan makanan lainnya. Zat ini akan terserap secara lebih baik pada pagi hari dibanding pada malam.

 

BACA JUGA: 5 Buah Kaya Vitamin Rekomendasi Dokter Gizi yang Ampuh Tingkatkan Imun Penderita Covid-19

 

Ada juga vitamin yang larut dalam lemak, biasanya harus dikonsumsi secara bersamaan dengan jenis makanan yang mengandung lemak seperti kacang-kacangan, susu, mentega, daging, telur, dan lebak nabati atau lemak hewani. Tujuannya adalah agar vitamin lebih mudah diserap oleh tubuh. Adapun vitamin lain yang mudah larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K yang baik dikonsumsi pada pagi hari.

Sedangkan vitamin yang dapat diserap tubuh pada pagi, siang, ataupun malam hari adalah vitamin C dan B. Kedua vitamin jenis ini tidak perlu dikonsumsi bersama dengan makanan dan mudah larut dalam air.

Kedua, menyesuaikan kondisi tubuh

Kondisi tubuh setiap orang pasti berbeda. Ada yang kesulitan tidur di malam hari jika mengkonsumsi multivitamin pada malam hari. Hal ini menyebabkan gangguan dan membuat kita jadi kurang istirahat hingga kesulitan beraktivitas pada pagi hari.

Hal yang sama juga dialami oleh ibu hamil. Beberapa wanita mengaku merasa mual saat mengkonsumsi multivitamin sebelum makan, dan ada pula yang sebaliknya.

Jika Anda merasakan gejala tersebut, cobalah untuk mempertimbangkan meminum multivitamin pada pagi hari.

Ketiga, perhatikan makanan dan obat-obatan yang dikonsumsi

Beberapa vitamin bisa bereaksi dengan senyawa yang terkandung dalam makanan atau obat-obatan yang berpotensi tidak menyehatkan bagi tubuh. Misalnya ketika mengkonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalsium, sebaiknya tidak minum vitamin yang mengandung zat besi. Selain itu, ketiak mengkonsumsi makanan yang tinggi serat atau berkafein, tidak disarankan untuk mengkonsumsi multivitamin suplemen atau zat besi.

Ketika dalam proses penyembuhan dan sedang mengkonsumsi obat-obatan, berpotensi mengganggu penyerapan. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter jika hendak mengkonsumsi vitamin.

 

BACA JUGA: Sunscreen Mencegah Tubuh Menyerap Vitamin D? Hempaskan Semua Mitos Soal Sunscreen Sekarang

 

Biasanya seseorang yang membutuhkan suplemen multivitamin, artinya orang tersebut memiliki asupan gizi yang tidak seimbang. Maka dari itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang reaksi obat dan multivitamin yang hendak dikonsumsi.

Jangan sampai vitamin jadi membahayakan tubuh.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami