5 Buah Kaya Vitamin Rekomendasi Dokter Gizi yang Ampuh Tingkatkan Imun Penderita Covid-19

5 Buah Kaya Vitamin Rekomendasi Dokter Gizi yang Ampuh Tingkatkan Imun Penderita Covid-19

Lori Official Writer
677

Obat-obatan dan multivitamin yang diberikan oleh dokter selama terapi penyembuhan Covid-19 memang sangat membantu ara pasien untuk lebih cepat sembuh.

Meski begitu tak semua pasien bisa mendapatkan pengobatan yang lengkap. Apalagi bagi mereka yang tengah isoman di rumah. 

Jadi di tengah keterbatasan obat-obatan tersebut, mereka yang menjalani pemulihan perlu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk tubuh.

Ahli gizi dr. Tan Shot Yen pun merekomendasikan 5 buah sehat yang bisa membantu tingkatkan imunitas selama proses terapi pasien Covid-19, diantaranya:

1. Matoa

Matoa adalah buah khas yang berasal dari Papua. Menurut dr. Tan Shot Yen, matoa mengandung vitamin C dan E yang tinggi dan terkenal sebagai buah ati stress.

Kandungannya yang tinggi gula juga menjadi alasan mengapa matoa bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh.

2. Menteng

Buah yang juga dikenal dengan sebutan buah kepundung ini rupanya kaya dengan kandungan anti oksidan dan kaya vitamin C. Selain itu, buah menteng juga berfungsi sebagai anti inflamasi (pencegah peradangan), menjaga kesehatan tulang dan darah serta mencegah anemia atau kurang darah.

Walaupun tidak sebaik hati ayam atau sumber makanan hewani, namun buah yang memiliki rasa asam dan manis ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

Baca Juga: Ingin Cegah Penyakit Tak Menular? Ini Sederhananya!

 

3. Markisa

Percaya gak percaya, banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Buah yang dikenal dengan istilah passion fruit ini kaya dengan vitamin C dan beta cryptoxantin dan alphakaroten yang baik bagi imun tubuh. Buah ini juga kaya akan zat besi dan vitamin B6 dan B3 dan memiliki polifenol yang lebih tinggi daripada mangga, papaya, pisang dan nanas.

4. Manggis

Bisa dibilang, semua bagian dari buah manggis kaya dengan manfaat. Beberapa tahun belakangan bahkan muncul klaim bahwa kulit manggis memiliki ekstrak yang berguna bagi kesehatan.

Namun selain itu, bagian daging manggis juga tak kalah kaya nutrisi. Buah manggis sendiri kaya akan antioksidan dan vitamin C serta asam folat dan xanton. 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami