Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Paling Fenomenal, Simon Petrus
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 31 August 2022

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Paling Fenomenal, Simon Petrus

Claudia Jessica Official Writer
11093

Seperti apa kisah akhir hidup Petrus dan kematiannya?

Setelah kebangkitan Yesus, Petrus dikunjungi secara khusus oleh Tuhan Yesus. Kemudian yang memulihkan kembali panggilan Petrus, dan memberinya tugas  untuk menggembalakan domba-domba-Nya. Kepemimpinan Petrus atas murid-murid lain dan gereja mula-mula semakin nyata Ketika Tuhan Yesus telah naik ke sorga. Petrus memimpin 120 orang murid yang berdoa menantikan turunnya Roh Kudus dan berinisiatif untuk memilih pengganti Yudas iskariot yang berkhianat.

Ketika terjadi pencurahan Roh Kudus pada hari pentakosta, Petrus tampil berkotbah di hadapan orang-orang Yahudi sehingga 3.000 orang bertobat. Petrus juga memimpin para rasul dalam pemberitaan kabar baik kepada orang-orang Yahudi.

Saat Samaria menerima Injil, Petrus bersama Yohanes pergi kesana. Walaupun Petrus lebih dikenal sebagai Rasul bagi orang-orang Yahudi, tapi dialah yang pertama kali diutus Tuhan untuk memberitakan Injil kepada orang-orang non-Yahudi.

Pada sidang para pemimpin gereja di Yerusalem, Petrus adalah orang pertama yang mendesak agar gereja menerima orang-orang non-Yahudi hanya melalui iman kepada Yesus Kristus tanpa perlu disunat terlebih dahulu. Petrus sering melakukan pelayanan ke kota-kota lain di luar Yerusalem. Ia pergi ke Lida dan Yope, Antiokhia dan mungkin ke Korintus. Hampir bisa dipastikan bahwa Petrus juga pergi ke kota Roma, pusat kekaisaran Romawi.  Tradisi mengatakan bahwa Petrus meninggal di Kota Roma bersama Paulus pada masa penganiayaan Kaisar Nero.

Petrus meninggal dunia dengan cara disalibkan secara terbalik dengan kepala dibawah. Satu-satunya kisah yang dimiliki tentang kemartiran Petrus berasal dari penulis Kristen awal, Hegesippus.

Kisahnya mencakup penampakan Yesus yang ajaib. Ketika Petrus udah tua, Kaisar Nero merencanakan untuk menghukum mati Petrus. Ketika murid-murid mendengarnya, mereka memohon kepada Petrus untuk melarikan diri dari kota itu (yang diyakini adalah Rhoma). Namun ketika ia sampai di pintu gerbang kota, ia teringat apa yang dikatakan Yesus, yang dicatat Yohanes dalam kitab Yohanes 21: 18-19, “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ketika engkau masih muda engkau mengikat pinggangmu sendiri dan engkau berjalan ke mana saja kaukehendaki, tetapi jika engkau sudah menjadi tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikat engkau dan membawa engkau ke tempat yang tidak kaukehendaki." Dan hal ini dikatakan-Nya untuk menyatakan bagaimana Petrus akan mati dan memuliakan Allah. Sesudah mengatakan demikian Ia berkata kepada Petrus: "Ikutlah Aku. "” jadi Petrus pun kembali ke kota.

Setelah ditangkap dan dibawa ke tempat kemartiran. Menurut Saint Jerome, Petrus meminta agar disalibkan dengan posisi terbalik karena ia memandang dirinya tidak layak untuk disalibkan dalam posisi yang sama dengan Tuhannya. Kuat dugaan bahwa makan Petrus berada di dasar gedung gereja Basilika di Kota Roma (Vatikan), gereja terbesar di dunia.

 

Warisan Petrus

Petrus meninggalkan warisan berupa kitab suci, yakni surat 1 Petrus dan 2 Petrus yang diduga kuat ditulis dari kota Roma. Selain itu, menurut tradisi dan penelitian para pakar Alkitab, pengaruh Petrus juga sangat kuat di dalam penulisan kitab Injil Markus. Demikian fakta Alkitab tentang Petrus.

 

Saksikan Fakta Alkitab: Riwayat Hidup Murid Yesus yang Fenomenal, Simon Petrus di bawah ini:

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami