Ini Lho Perubahan Perilaku Anak di Sekolah Pasca Pandemi, Guru dan Orang Tua Perlu Tahu!

Relationship / 29 August 2022

Kalangan Sendiri

Ini Lho Perubahan Perilaku Anak di Sekolah Pasca Pandemi, Guru dan Orang Tua Perlu Tahu!

Lori Official Writer
574

Bagi para modern parents di zaman ini, anak adalah tanggung jawab guru di sekolah. Jadi jika sesuatu terjadi kepada anak, maka itu adalah tanggung jawab sekolah dan guru mereka sepenuhnya.

Tapi tahukah Anda, pemikiran ini perlu dirubah karena perubahan yang terjadi di dalam diri Anda lebih banyak dipengaruhi oleh kebiasaan mereka di rumah. 

Hal inilah yang terjadi kepada anak selama dua tahun pandemi. Ketika anak-anak terpaksa harus sekolah online dengan hanya memakai alat teknologi untuk belajar, rupanya ada begitu banyak perubahan perilaku yang dialami anak tanpa disadari oleh parents.

Dalam sebuah postingan video yang diunggah di Youtube, Profesor Rhenald Kasali membongkar soal perubahan perilaku yang ternyata dialami anak-anak selama 2 tahun sekolah online selama pandemi Covid-19.

“Apakah Anda menyadari bahwa hal ini (perilaku anak) telah berubah. Banyak kepala sekolah yang tidak menyadari bahwa suasana di sekolah telah berubah. Orang tua pun sering kali tidak menyadari (peribahan perilaku anak selama masa pandemi),” ungkap Rhenald.

Dia menegaskan bahwa untuk menghadapi perubahan ini, baik sekolah maupun orang tua perlu memahami hal-hal apa yang sebenarnya berubah dalam diri anak, terutama ketika menjalani proses belajar mengajar di sekolah.

 

Perubahan Positif

1. Banyak anak-anak yang sudah mampu slide atau persentasi belajar yang jauh lebih bagus.

2. Anak lebih mengenal teknologi, aplikasi dan lebih mudah melakukan eksplorasi mencari bahan-bahan.

3. Anak juga menjadi lebih kreatif, lebih spontan 

4. Media pembelajaran anak menjadi lebih kreatif, sehingga dunia anak menjadi lebih berwarna.

Rhenald mengungkapkan bahwa dampak positif lain yang juga dialami anak selama masa pandemi adalah terjalinnya hubungan yang baik antara orang tua dengan anak. Dimana orang tua bisa mengenal cara belajar anak yang lebih efektif.

 

Perubahan Negatif

Sementara di sisi lain, pandemi ternyata juga berdampak negatif terhadap perilaku anak 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami