Kata Alkitab Soal Jangan Membunuh, Ini Penjelasannya…

Kata Alkitab / 9 August 2022

Kalangan Sendiri

Kata Alkitab Soal Jangan Membunuh, Ini Penjelasannya…

Lori Official Writer
987

Salah satu dari 10 perintah Allah di Perjanjian Lama memerintahkan kita ‘Jangan membunuh’ (Keluaran 20: 13). Namun tetap saja, pertumpahan darah dan kematian tidak terhindarkan di dalam konteks relasi antar manusia.

Sebelum kejatuhan Adam ke dalam dosa, tidak ada sakit penyakit, penderitaan atau kematian, bahkan binatang tidak saling memangsa (Kejadian 1: 29-30). 

Namun dosa telah mendatangkan kematian ke tengah dunia dan pertumpahan darah menjadi bagian dari kehidupan. Itu sebabnya Allah bahkan menyebutkan di dalam Perjanjian Lama bahwa Dia begitu membenci pertumpahan darah. 

“Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.” (Kejadian 9: 6)

 

Pembunuhan di Zaman Modern Saat Ini

Di tengah konteks kehidupan modern saat ini, diskusi tentang pembunuhan begitu kompleks dan mencakup banyak isu. Hingga akhirnya banyak orang Kristen yang mulai bersikap pasif dengan menilai bahwa membunuh orang lain adalah salah.

Orang Kristen lainnya juga sependapat bahwa tindakan pembunuhan itu salah, namun mereka sekaligus berpendapat bahwa membunuh untuk membela diri dalam konteks situasi tertentu maupun di tengah perang itu dibenarkan. Jadi tak heran saat membahas tindakan membunuh, kita justru tidak menemukan kesimpulan yang mutlak.

Jadi daripada berdebat tanpa ujung, mari membahas hal ini dari sudut pandang Alkitab, yang didasarkan kepada nilai kehidupan yang Tuhan tetapkan dan isu-isu terkait pembunuhan. Jadi mari mempelajari Alkitab sesuai dengan persoalan etika, termasuk pembunuhan dalam perang dan konteks lainnya.

 

Membunuh Dalam Alkitab

Dari 10 perintah Allah, kita memang diingatkan untuk tidak membunuh. “Jangan Membunuh.” (Keluaran 20: 13). 

Dalam hal ini ‘membunuh’ yang dimaksud adalah tindakan yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Pembunuhan yang dilakukan dengan sengaja atau perencanaan sehingga menyebabkan lenyapnya nyawa orang lain adalah tindakan yang ditentang oleh Tuhan. Sementara pembunuhan yang tidak disengaja bisa diakibatkan oleh kemarahan dan kebencian yang mendalam dan berujung pada tindakan yang mengancam nyawa orang lain (Kejadian 4: 6-7; Matius 5: 21-22; 1 Yohanes 3: 12).

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Bible Study Tools
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami