5 Ciri-ciri Seseorang Sudah Lahir Baru di Dalam Tuhan

Kata Alkitab / 14 July 2022

Kalangan Sendiri

5 Ciri-ciri Seseorang Sudah Lahir Baru di Dalam Tuhan

Lori Official Writer
1973

Lahir baru merupakan suatu momen dimana manusia mengalami penyatuan dengan Kristus. Lahir baru dalam hal ini bukan kembali dilahirkan menjadi seorang bayi. Tetapi dilahirkan kembali lebih kepada membangun hubungan yang intim dengan Tuhan. Biasanya kelahiran baru akan dibarengi dengan pertobatan seseorang dari kehidupannya yang lama.

Kelahiran baru dicatat secara tegas di dalam kitab 1 Yohanes. Di sana penulis kitab ini menjabarkan jaminan keselamatan yang ditawarkan kepada orang yang lahir baru di dalam Kristus. 

“Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup--itulah yang kami tuliskan kepada kamu. Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami. Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus. Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.” (Yohanes 1: 1-4)

 

Baca Juga: Apa Sih Artinya Lahir Kembali?

 

Melalui ayat ini, kita bisa menyaksikan transformasi yang dialami seseorang yang sudah lahir baru. Berikut 5 ciri-cirinya.

1. Mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan

Tanda lahir baru yang pertama dijelaskan dalam 1 Yohanes 5: 1, “Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah…”

Untuk memperoleh jaminan keselamatan, Anda harus percaya di dalam Yesus. Apakah Anda sudah mengakui Yesus sebagai Tuhan? 

Banyak orang Kristen percaya bahwa mereka sudah diselamatkan karena mereka dibesarkan di tengah budaya Kristen sejak lahir. Mereka juga percaya bahwa dengan rajin ke gereja sepanjang hidupnya, dibaptis dan berbuat baik adalah jalan menuju surga.

Sayangnya, mereka tidak memahami bahwa mengakui Yesus sebagai Juruslamat adalah dasar dari jaminan keselamatan.

Alkitab menyampaikan bahwa kita adalah orang-orang berdosa yang terpisah dari Allah karena dosa. Kita tidak pernah bisa mendapatkan, membeli dan mengusahakan keselamatan kita sendiri. 

Itu sebabnya Yesus datang ke dunia untuk menebus dosa kita dan menjamin keselamatan kita di dalam Dia. Dia menggantikan hukuman kita dengan menawarkan kesempatan supaya kita dilahirkan kembali di dalam Dia.

 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Terima Jaminan Hidup Kekal Lewat Lahir Baru

 

2. Mengalami perubahan

Ciri-ciri lahir baru yang kedua adalah seseorang mengalami perubahan atau transformasi hidup. 

“Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya.” (1 Yohanes 2: 29)

Saat kita sudah menerima dan mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juruslamat, maka hidup Anda tidak akan sama lagi. Anda akan mengalami transformasi atau perubahan yang baru, baik dalam cara berpikir, bertindak, berbicara dan berperilaku. 

Alkitab berkata, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2 Korintus 5: 17)

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami