Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

1717387258563145

Official Writer
711


Kita semua dilahirkan sebagai orang yang berdosa.

Roma 3:23: "Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah."

Tuhan adalah Allah yang suci, Dia adil dan Dia nggak akan mengisi surga dengan orang-orang berdosa. Jadi ketika Adam dan Hawa berdosa, Dia memerintahkan mereka keluar dari Taman Eden karena mereka makan dari pohon pengetahuan yang baik dan jahat, lalu Tuhan juga membunuh binatang untuk pertama sekali dan mengambil kulitnya untuk menutupi ketelanjangan Adam dan Hawa.

1. Yesus adalah Anak Domba Allah kita

Dalam Yohanes 1:29, ketika Yesus datang kepada Yohanes, ia berkata "...Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia."

Dalam Perjanjian Lama, Tuhan memerintahkan orang-orang untuk mengambil seekor domba dan meletakkan darah dari domba tersebut di tiang pintu rumah. Barang siapa yang ada di dalam rumah tersebut, dosa-dosa mereka telah dibayar oleh darah domba tersebut ketika malaikat maut melewatinya. Hal itu terus berlaku sampai Allah menyediakan domba bagi kita yaitu Yesus (Ibrani 9:22).

Tanpa penumpahan darah oleh Yesus, maka tidak akan pernah ada pengampunan.

Itu sebabnya Yesus mati di kayu salib dan kita percaya padaNya, sehingga kita beroleh pengampunan dosa dan keselamatan.

2. Tuhan sangat mengasihi kita

Apakah kamu masih ingat Yohanes 3:16? Saya rasa, rata-rata dari kita mengingat dan sangat hafal dengan isi firman tersebut.

Yap! Tuhan sangat mengasihi dunia. Dia sangat mengasihi kita, dia memberi kita hadiah yang paling berharga yaitu PutraNya yang tunggal. Nggak cuma mengasihi kita setelah dosa kita diampuni dan kita dibersihkan dari dosa, tetapi Dia juga mengasihi kita sekalipun kadang kita jatuh dan bikin Dia sedih.

Roma 5:8 "Akan tetapi Allah menunjukkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa."

Ayat ini memberi tahu kita bahwa Allah menunjukkan kasihnya kepada kita sementara kita adalah orang yang berdosa.

Mungkin beberapa diantara kamu pernah berpikir bahwa Tuhan mengasihimu karena kamu berusaha keras berbuat baik. Tapi ini adalah agama yang memberitahu kita untuk membersihkan diri dan kemudian datang kepada Tuhan, tetapi Tuhan justru mengatakan sebaliknya. Dia memberitahu kita untuk datang bahkan saat kita berdosa, dan dia akan membersihkan dosa kita. Asal kita jangan mengulangi dosa itu kembali.

3. Keselamatan adalah karunia

Roma 10:17: "Jadi iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus."

Iman timbul ketika kita membaca firman Tuhan, dan semakin kita terus membaca Alkitab, semakin banyak kita belajar tentang Tuhan dan karakternya. Kemudian ketika pencobaan itu datang, kita mulai bersandar padaNya dengan cara yang baru. Dengan setiap pengalaman, percayalah kepada Tuhan bahwa Dia mampu menangani hal-hal dalam kehidupan kamu.

Ketika pertama kali kita belajar tentang Tuhan, nggak peduli seberapa banyak iman yang kita miliki, tetapi lebih kepada siapa kita menaruh iman kita.

Efesus 3:8-9 dituliskan bagaimana Tuhan itu maha pengasih. Dia menyelamatkan kita karena rahmatNya. Kasih karunia adalah anugerah yang nggak layak kita dapatkan sebenarnya.

Tetapi Tuhan memberi kita kebaikanNya hanya karena Tuhan ingin sekali kita pergi ke surga bersama-sama denganNya.

Hari ini, kita selamat dari dosa, semua karena kasih karunia Allah.

4. Utang dosa telah dibayar penuh

Yohanes 19:30: "Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Lalu Ia menundukkan kepalaNya dan menyerahkan nyawaNya."

Ketika Yesus tergantung di kayu salib, salah satu hal terakhir yang dia katakan adalah kata-kata" Sudah selesai."

Saat itu, Yesus sedang berbicara mengenai pembayaran dosa. Pada hari-hari itu, ketika para tahanan telah memenuhi hukuman mereka, prajurit Roma lalu datang dan memberi cap pada dinding sel tahanan.

Kata pada cap itu adalah tetelestai , dalam bahasa Yunani artinya "dibayar lunas." Itulah yang dimaksud Yesus ketika Dia berkata, "Sudah selesai."

5. Kita harus dilahirkan kembali

Setelah kita tahu bahwa kita sudah diselamatkan, maka saatnya kita harus dilahirkan kembali.

Yohanes 3:1-7 menuliskan arti frasa dari dilahirkan kembali. Saat kita dilahirkan waktu bayi, kita dilahirkan dari air. Itu adalah kelahiran yang pertama kita. Namun ketika kita  menerima pengorbanan Tuhan Yesus, Alkitab menyatakan bahwa saat itulah kita dilahirkan kembali.

Itu terjadi ketika kita sudah mengaku bahwa apa yang terjadi di kayu salib bukan hanya terjadi satu hari dalam sejarah, tetapi semuanya berhubungan dengan kita. Nikodemus yang menyaksikan Yesus dapat mengatakan bahwa hal-hal yang dia lakukan adalah dari Allah. Tetapi Yesus ingin agar Nikodemus memahami gambaran yang lebih besar, alasan Dia datang ke dunia. Sama seperti Dia ingin agar kita dapat memahami bagaimana suatu hari kita bisa sampai ke surga.

Yohanes 15:13: "Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya."

Ayat ini benar-benar menghangatkan hati. Nggak seorangpun manusia yang bisa mengasihi kita seperti Yesus.

Yesus adalah Tuhan yang benar-benar penuh kasih dan melalui Dia, kita bisa selamat dan menerima hidup yang baru.

Sumber : crosswalk/jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nita 10 December 2018 - 01:44:48

Kenapa susah tidur

0 Answer

Marcelina Mega 6 December 2018 - 22:53:44

Pacaran dengan sepupu

0 Answer

Roy Hendrawanto 4 December 2018 - 00:01:52

Solusi terbebas dari hutang kartu kredit

1 Answer


sea_regardz 8 December 2018 - 13:19:50
Ada teman sekerja, perempuan, punya anak hanya 1, ... more..

Lina 2 December 2018 - 15:32:08
Bantu saya Dan doakan saya selalu kuat di dalam Tu... more..

Febe Widyawati 29 November 2018 - 22:08:03
Saya mohon bantuan doanya supaya pergumulan saya t... more..

Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Banner Mitra Week 2


7226

advertise with us