Jangan Sampe Zonk, Perhatikan 5 Kesalahan Saat Beli Rumah Pertama

Finance / 5 July 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Sampe Zonk, Perhatikan 5 Kesalahan Saat Beli Rumah Pertama

Claudia Jessica Official Writer
729

Banyak sekali orang yang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri, terutama untuk seseorang yang sudah atau berencana untuk berkeluarga. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah? Membeli rumah adalah salah satu keputusan besar yang bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.

Setelah berjuang mengumpulkan uang selama bertahun-tahun, jangan biarkan antusiasme Anda membuat diri Anda lengah saat membeli rumah pertama. Jangan sampai Anda mengabaikan hal-hal penting yang harus diperhatikan. Gak sedikit orang yang kebingungan tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli rumah pertamanya.

Maka dari itu, sebelum benar-benar memutuskan rumah mana yang hendak Anda beli, sebaiknya perhatikan 5 kesalahan yang sering dilakukan saat membeli rumah pertama ini, jangan sampai terjadi pada Anda ya!

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat membeli rumah pertama, diantaranya:

1. Tergoda oleh iming-iming promo yang ditawarkan

Banyak sekali pengembang yang mempromosikan rumah yang mereka jual dengan berbagai promo yang menarik hati pelanggan. Misalnya seperti uang muka atau DP nol persen, atau bonus furniture untuk pembelian rumah tipe tertentu, dan masih banyak lainnya.

Ingat kembali kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membeli rumah, karena inilah dua hal yang paling penting. Jangan sampai tergiur dengan promo tetapi Anda kehilangan tujuan Anda dalam membeli rumah.

 

2. Tidak survei rumah dengan teliti

Sekalipun Anda melakukan riset secara online maupun offline, Anda masih harus melakukan survei ke lokasi rumah yang Anda incar. Pada tahap ini, Anda harus memeriksa kondisi rumah dengan teliti. Mulai dari bangunannya sampai detail-detail kecil yang terlihat sepele. Misalnya tentang air bersih, pengelolaan sampah, fasilitas umum di sekitar rumah, dan lain sebagainya.

Jika diperlukan, Anda bisa berbicara dengan tetangga sekitar dan tanyakan mengenai lingkungan rumah yang Anda incar. Apakah rawan banjir, sistem keamanannya baik, dan lain-lain.

 

BACA JUGA: Freelancer Membeli Rumah dengan Metode KPR, Simak Tipsnya!

 

3. Lokasi tidak strategis

Jika Anda membeli rumah dengan tujuan untuk dihuni, maka lokasi adalah salah satu hal utama yang harus Anda tinjau. Lokasi rumah yang tidak strategis, bisa saja merepotkan Anda di masa mendatang.

Misalnya, rumah yang tidak memiliki akses transportasi umum akan menyulitkan Anda atau anggota keluarga Anda untuk bepergian saat tidak ada kendaraan di rumah. Manusia pada dasarnya bisa jatuh sakit kapan saja, bayangkan jika rumah sakit terlalu jauh dari rumah Anda saat terjadi keadaan darurat.

Agar tidak salah memilih rumah, cari tahu tentang akses-akses yang Anda dan keluarga Anda butuhkan terlebih dahulu seperti klinik, rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, pom bensin, dan lain-lain. Rumah dengan lokasi strategis tidak hanya memberi Anda kemudahan, tapi juga Anda bisa berhemat waktu.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami