Jangan Sampe Zonk, Perhatikan 5 Kesalahan Saat Beli Rumah Pertama
Sumber: economictimes.indiatimes.com

Finance / 5 July 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Sampe Zonk, Perhatikan 5 Kesalahan Saat Beli Rumah Pertama

Claudia Jessica Official Writer
2461

4. Memilih rumah yang harganya diluar kemampuan

Menemukan rumah yang benar-benar cocok dengan diri Anda mungkin tidak mudah, tapi jangan sampai Anda mengabaikan budget yang telah Anda persiapkan. Hal ini bisa berdampak fatal bagi keuangan Anda dalam jangka panjang. Pasalnya selain harga rumah, Anda masih harus dana ekstra untuk hal-hal yang berada diluar perhitungan. Jangan sampai beban keuangan Anda jadi semakin berat akibat cicilan KPR selama puluhan tahun.

 

BACA JUGA: Ini Kunci Biar Suami Istri Jadi Pengelola yang Baik Dalam Rumah Tangga yang Diberkati

 

5. Melakukan perjanjian lisan

Pembelian rumah, bukanlah transaksi kecil. Ini adalah transaksi besar yang perlu diikuti dengan dokumen-dokumen sah. Semua kesepakatan antara pembeli dan penjual harus ada dalam “hitam diatas putih” jika perlu dilengkapi dengan materai.

Jangan pernah sekalipun menyetujui perjanjian tidak tertulis atau perjanjian lisan karena hal tersebut bisa saja diingkari dan memberikan kerugian bagi Anda. Jika perlu, Anda catat hal sekecil apapun atau jika tidak, Anda bisa merekamnya.

Sekarang sudah tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli rumah kan? Jangan lupa berdoa dan sertakan Tuhan dalam setiap rencana Anda, tak terkecuali rencana untuk membeli rumah pertama Anda. Dengan penyertaan Tuhan, semuanya akan terasa lebih baik.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami