Jangan Sampe Zonk, Perhatikan 5 Kesalahan Saat Beli Rumah Pertama
Sumber: economictimes.indiatimes.com

Finance / 5 July 2022

Kalangan Sendiri

Jangan Sampe Zonk, Perhatikan 5 Kesalahan Saat Beli Rumah Pertama

Claudia Jessica Official Writer
2484

Banyak sekali orang yang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri, terutama untuk seseorang yang sudah atau berencana untuk berkeluarga. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah? Membeli rumah adalah salah satu keputusan besar yang bisa menjadi pengalaman tak terlupakan.

Setelah berjuang mengumpulkan uang selama bertahun-tahun, jangan biarkan antusiasme Anda membuat diri Anda lengah saat membeli rumah pertama. Jangan sampai Anda mengabaikan hal-hal penting yang harus diperhatikan. Gak sedikit orang yang kebingungan tentang apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli rumah pertamanya.

Maka dari itu, sebelum benar-benar memutuskan rumah mana yang hendak Anda beli, sebaiknya perhatikan 5 kesalahan yang sering dilakukan saat membeli rumah pertama ini, jangan sampai terjadi pada Anda ya!

5 Kesalahan yang sering dilakukan saat membeli rumah pertama, diantaranya:

1. Tergoda oleh iming-iming promo yang ditawarkan

Banyak sekali pengembang yang mempromosikan rumah yang mereka jual dengan berbagai promo yang menarik hati pelanggan. Misalnya seperti uang muka atau DP nol persen, atau bonus furniture untuk pembelian rumah tipe tertentu, dan masih banyak lainnya.

Ingat kembali kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membeli rumah, karena inilah dua hal yang paling penting. Jangan sampai tergiur dengan promo tetapi Anda kehilangan tujuan Anda dalam membeli rumah.

 

2. Tidak survei rumah dengan teliti

Sekalipun Anda melakukan riset secara online maupun offline, Anda masih harus melakukan survei ke lokasi rumah yang Anda incar. Pada tahap ini, Anda harus memeriksa kondisi rumah dengan teliti. Mulai dari bangunannya sampai detail-detail kecil yang terlihat sepele. Misalnya tentang air bersih, pengelolaan sampah, fasilitas umum di sekitar rumah, dan lain sebagainya.

Jika diperlukan, Anda bisa berbicara dengan tetangga sekitar dan tanyakan mengenai lingkungan rumah yang Anda incar. Apakah rawan banjir, sistem keamanannya baik, dan lain-lain.

 

BACA JUGA: Freelancer Membeli Rumah dengan Metode KPR, Simak Tipsnya!

 

3. Lokasi tidak strategis

Jika Anda membeli rumah dengan tujuan untuk dihuni, maka lokasi adalah salah satu hal utama yang harus Anda tinjau. Lokasi rumah yang tidak strategis, bisa saja merepotkan Anda di masa mendatang.

Misalnya, rumah yang tidak memiliki akses transportasi umum akan menyulitkan Anda atau anggota keluarga Anda untuk bepergian saat tidak ada kendaraan di rumah. Manusia pada dasarnya bisa jatuh sakit kapan saja, bayangkan jika rumah sakit terlalu jauh dari rumah Anda saat terjadi keadaan darurat.

Agar tidak salah memilih rumah, cari tahu tentang akses-akses yang Anda dan keluarga Anda butuhkan terlebih dahulu seperti klinik, rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, pom bensin, dan lain-lain. Rumah dengan lokasi strategis tidak hanya memberi Anda kemudahan, tapi juga Anda bisa berhemat waktu.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

4. Memilih rumah yang harganya diluar kemampuan

Menemukan rumah yang benar-benar cocok dengan diri Anda mungkin tidak mudah, tapi jangan sampai Anda mengabaikan budget yang telah Anda persiapkan. Hal ini bisa berdampak fatal bagi keuangan Anda dalam jangka panjang. Pasalnya selain harga rumah, Anda masih harus dana ekstra untuk hal-hal yang berada diluar perhitungan. Jangan sampai beban keuangan Anda jadi semakin berat akibat cicilan KPR selama puluhan tahun.

 

BACA JUGA: Ini Kunci Biar Suami Istri Jadi Pengelola yang Baik Dalam Rumah Tangga yang Diberkati

 

5. Melakukan perjanjian lisan

Pembelian rumah, bukanlah transaksi kecil. Ini adalah transaksi besar yang perlu diikuti dengan dokumen-dokumen sah. Semua kesepakatan antara pembeli dan penjual harus ada dalam “hitam diatas putih” jika perlu dilengkapi dengan materai.

Jangan pernah sekalipun menyetujui perjanjian tidak tertulis atau perjanjian lisan karena hal tersebut bisa saja diingkari dan memberikan kerugian bagi Anda. Jika perlu, Anda catat hal sekecil apapun atau jika tidak, Anda bisa merekamnya.

Sekarang sudah tahu apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli rumah kan? Jangan lupa berdoa dan sertakan Tuhan dalam setiap rencana Anda, tak terkecuali rencana untuk membeli rumah pertama Anda. Dengan penyertaan Tuhan, semuanya akan terasa lebih baik.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami