Jadi yang Pertama, Pasangan di Yogyakarta Ini Adakan Pemberkatan Nikah di Metaverse Lho!

News / 2 July 2022

Kalangan Sendiri

Jadi yang Pertama, Pasangan di Yogyakarta Ini Adakan Pemberkatan Nikah di Metaverse Lho!

Lori Official Writer
852

Kemunculan metaverse rupanya tidak hanya akan digunakan sebagai tempat untuk membangun bisnis, tempat ibadah dan juga bekerja. Tetapi saat ini dunia virtual ini sudah digunakan sebagai tempat menggelar pernikahan.

Teknologi inilah yang digunakan oleh pasangan Daniel Oscar Baskoro dan Erlinda Aji Ayuningrum untuk menggelar pernikahannya di Grha Sabha Prama (GSP), Universitas Gadjah Mada pada Sabtu, 2 Juli 2022. Dengan itu, ini menjadi pernikahan pertama di Indonesia yang digelar menggunakan metaverse. 

Pihak mempelai menyampaikan bahwa tujuan dari digelarnya pernikahan metaverse ini adalah supaya para tamu yang tidak bisa hadir bisa menikmati suasana pernikahan sama seperti di dunia nyata.

“Jadi, sebenarnya kami buat khususnya (untuk tamu) yang enggak hadir, langsung bisa mengakses lewat internet juga bisa merasakan vibes nikahannya,” ungkap Arief Faqihudin.

 

Baca Juga:

3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Orang Kristen Menyambut Kehadiran Gereja Metaverse

Ini 7 Teknologi Terbaru 2022 yang Bakal Jadi Tantangan Baru Dunia, Gereja Perlu Tahu

 

Sementara kedua mempelai akan menggelar pemberkatan di Gereja St. Antonius, Muntilan, Yogyakarta, dan semua rangkaian acara digelar dengan adat Jawa.

Bagi para tamu yang diundang akan diberikan tautan untuk streaming video dan bisa menyapa pengantin melalui buku tamu yang disediakan di awal halaman metaverse pernikahan.

“Ada semacam website kita bisa lihat prosesi acaranya. Kemudian story dari pernikahan ini terkait kedua pengantin dengan tampilan 360 derajat bisa merasakan vibes-nya” ungkap Faqih.

Penggunaan metaverse ini diharapkan bisa menjadi teknologi yang mulai beradaptasi di tengah kehidupan masyarakat. Apalagi mengingat masa-masa pandemi Covid-19 yang masih terus berlanjut, metaverse dianggap bisa menjadi solusi atas keterbatasan mobilitas yang dihadapan masyarakat.

 

Baca Juga:

Apakah Metaverse Ada Dalam Rancangan Tuhan?

Anak Kita Akan Berada Dalam Dunia Metaverse, Ini yang Perlu Orang Tua Lakukan!

 

Bagaimana menurut Anda? Apakah penggunaan metaverse seperti di acara pernikahan ini bisa jadi alternatif? Kita perlu tahu bahwa tantangan kita adalah bagaimana beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami