3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Orang Kristen Menyambut Kehadiran Gereja Metaverse

3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Orang Kristen Menyambut Kehadiran Gereja Metaverse

Lori Official Writer
469

Gereja metaverse tampaknya bukan lagi sekadar hayalan belaka. Jika Anda menjelajah internet dengan kata kunci metaverse church, maka sebuah situs bernama VR Church akan muncul. 

Tampaknya ini adalah salah satu gereja yang hadir dengan menggunakan teknologi virtual reality di dalam menjalankan komunitasnya. Di halaman utama Anda akan menemukan deskripsi lengkap seputar pelayanan VR Church, mulai dari Sunday Church (ibadah minggu), Weekly Groups (kelompok sel mingguan) dan sejumlah sukarelawan gereja. 

VR Church ini diketahui digembalakan oleh pasangan muda Pendeta Bismik dan Pendeta Alina. 

Meskipun gereja metaverse masih terbilang belum nyata, namun kehadiran VR Church menjadi pertanda dimulainya era disrupsi teknologi di tengah gereja. Kehadiran VR Church seakan menjadi jawaban dari janji petinggi perusahaan Meta Mark Zuckerberg bahwa di masa depan semua orang bisa melakukan hampir semua hal yang tak terbayangkan.

Untuk memahami apa itu metaverse, silahkan baca artikel: Arti dan Tujuan Metaverse

 

Apa yang bisa dilakukan gereja di tengah kehadiran dunia metaverse ini?

Cheryl Contee, seorang innovator teknologi dan petinggi dari Do Big Things melihat ada secercah harapan bagi umat beragama di metaverse. 

“Kita hidup di dunia dimana Anda bisa terhubung dengan ribuan atau bahkan jutaan orang dalam satu ide atau minat namun merasa putus asa, terasing dan sendirian. Berinteraksi dalam dunia metaverse tentang iman dan kerohanian kemungkinan akan menjadi balsam Gilead bagi beragam komunitas agama dalam hal menciptakan keterhubungan yang kuat, lebih terkoneksi dan kontak fisik dengan orang lain,” ungkap Cheryl.

Dia menilai gereja metaverse bisa menjadi tempat bagi kaum religius untuk berkumpul dan belajar bersama seputar agama atau melakukan penginjilan yang jauh lebih luas.

Tampaknya ada banyak sisi positif yang ditawarkan oleh gereja virtual reality ini. Namun tidak dipungkiri bahwa gereja ini juga nantinya bisa menyebabkan dampak yang buruk. Salah satunya semakin malasnya jemaat gereja berinteraksi secara fisik dan kemungkinan yang paling berbahaya adalah munculnya beragam kejahatan berkedok gereja, seperti kehadiran pelayanan palsu yang mengatasnamakan Tuhan.

 

Baca Juga: Ibadah Dengan VR & Lakukan Babtisan Virtual, Gereja Dekade Baru Dengan Teknologi Canggih

 

Apa yang harus dipersiapkan gereja untuk era gereja metaverse?

Meskipun prediksi kehadiran virtual reality masih menunggu 5 hingga 10 tahun ke depan, namun gereja sudah harus mulai bersiap. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami