Ini 7 Teknologi Terbaru 2022 yang Bakal Jadi Tantangan Baru Dunia, Gereja Perlu Tahu

Kata Alkitab / 2 February 2022

Kalangan Sendiri

Ini 7 Teknologi Terbaru 2022 yang Bakal Jadi Tantangan Baru Dunia, Gereja Perlu Tahu

Lori Official Writer
1745

Kehadiran sejumlah teknologi baru dalam kurun waktu 1 dekade belakangan ini membuktikan bahwa peradaban manusia sedang menuju kepada era yang lebih canggih. 

Teknologi-teknologi baru terus bermunculan dan membuat masyarakat dunia tercegang. Apalagi ketika Elon Musk, pendiri perusahaan Tesla mengumumkan teknologi terbarunya dimana siapapun bisa berwisata ke luar angkasa. Merasa takjub? Tentu saja!

Di tahun 2022 ini, kita juga akan dikejutkan dengan berbagai penemuan teknologi baru yang tentunya akan sangat berdampak pada cara kita menjalani kehidupan, termasuk bagaimana gereja menjalankan pelayanan dan ibadahnya. 

Karena itulah kita perlu tahu 7 teknologi terbaru yang akan muncul dan cara kita beradaptasi dengan teknologi tersebut.

1. 6G

Walaupun saat ini banyak negara yang masih fokus dalam tahap awal 5G, namun penelitian 6G sudah dilakukan.

Teknologi 6G ini dibuat dengan tujuan untuk menciptakan konektivitas instan dan ada dimana-mana. Sehingga dunia manusia, fisik dan digital terkonvergensi secara instan. 

 

Baca Juga: Biar Nggak GapTek, Yuk Kenalan Sama 3 Cara FinTech Yang Bikin Keuangan Makin Mudah Ini

 

Vietnam, China dan India sendiri menjadi negara yang telah mengumumkan pengembangan teknologi 6G pada tahun 2022 ini. Namun teknologi ini akan difokuskan untuk kepentingan pertahanan negara, seperti untuk mendeteksi dan melacak kendaraan hipersonik yang sangat penting bagi pertahanan nasional. 

Jadi, kemungkinan 6G akan benar-benar hadir masih butuh beberapa tahun lagi.

 

2. AR, VR, METAVERSE

AR, VR dan Metaverse hampir memiliki fungsi yang sama. Namun belakangan ini, kita tidak memungkiri jika dunia tengah terkesima dengan kehadiran dunia metaverse setelah pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan rencana masa depan perusahaannya.

Salah satunya adalah dengan kehadiran teknologi Metaverse. Teknologi ini menggabungkan berbagai teknologi seperti virtual dan augmented reality.

Rencananya, tahun 2022 banyak perusahaan raksasa dunia akan beralih untuk menjadikan metaverse sebagai dunia baru untuk bisnis, kerja, belajar, berbelanja dan sebagainya.

Di dunia inilah batas antara kehidupan fisik dan digital tak lagi ada. Semua orang bisa melakukan apapun yang mereka mau.

 

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dipersiapkan Orang Kristen Menyambut Kehadiran Gereja Metaverse

 

3. HOLOGRAM 

Berdasarkan informasi, perusahaan seperti Microsoft sendiri sudah mengembangkan Hololens 2. Langkah inipun diikuti oleh perusahaan start up dunia.

Sebagaimana diketahui, teknologi hologram ini merupakan proyeksi citra tiga dimensi yang bisa disaksikan tanpa membutuhkan kacamata atau kamera. Berkas cahaya yang diinterferensi merefleksikan bentuk fisik sebuah objek dan gambar virtual tiga dimensi.

Meski sudah banyak didengung-dengungkan, namun teknologi yang satu ini masih dalam tahap penyempurnaan dan akan segera menjadi salah satu tren teknologi ultra-modern dalam waktu dekat. 

 

4. BCI (BRAIN COMPUTER INTERFACES)

Para peneliti dari cole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL) di Swiss dan University of Texas di Austin telah mengembangkan BCI atau otak komputer antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi otak manusia dengan otak buatan. 

Tujuan utama dari pengembangan teknologi ini adalah untuk membantu pasien lumpuh dengan mengembangkan otak buatan yang dikendalikan menggunakan BCI. 

Teknologi ini juga masih sedang dalam pengembangan oleh para ahli.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami