Dianggap Gak Masuk Akal, Begini Cara Memahami Tritunggal Allah

Kata Alkitab / 14 June 2022

Kalangan Sendiri

Dianggap Gak Masuk Akal, Begini Cara Memahami Tritunggal Allah

Lori Official Writer
1764

Alkitab memang tidak secara gamblang menyebutkan kata trinitas atau tritunggal. Namun kata ini merupakan gambaran ke-Tuhanan Allah. 

Kata Trinitas diartikan dengan tri-kesatuan atau tiga di dalam kesatuan. Ini merupakan penyederhanaan dari pernyataan bahwa Allah adalah tiga pribadi namun satu. 

Sama seperti keyakinan Yahudi menyatakan bahwa hanya ada satu Tuhan, Alkitab juga menyebutkan hal serupa. Namun di dalam kekristenan kita meyakini jika Tuhan yang satu itu memiliki tiga pribadi yang terpisah. 

Di Ulangan 6: 4-5, disampaikan bahwa “Tuhan, Allah kita, adalah satu Tuhan”. Hal ini kemudian didukung oleh ayat Filipi 1: 2 yang berkata bahwa Bapa adalah Tuhan. Namun di Yohanes 1: 1, 14, Yesus juga disebut dengan Tuhan dan Roh Kudus adalah Allah (Kisah Para Rasul 5: 3-4). Anak yaitu Yesus sendiri berbicara kepada Bapa dan Roh Kudus sendiri terhubung dengan Yesus (Kisah Para Rasul 13: 2). Jadi Bapa, Anak dan Roh Kudus merupakan bagian dari tiga kesatuan yang kita sebut dengan Trinitas. Mereka adalah satu Tuhan yang ada di dalam tiga pribadi.

 

Bagaimana kita menjelaskan tritunggal secara lebih sederhana?

Mari membahas hal ini berdasarkan apa yang disampaikan di dalam Alkitab.

1. Allah Bapa Sepenuhnya Allah

Biasanya, istilah Allah yang dipakai di dalam Alkitab mengacu kepada Allah Bapa. Ada banyak ayat yang menyebutkan nama Allah dan hal itu tampaknya mengacu kepada Allah pencipta langit dan bumi (Kejadian 1: 1)

 

Baca Juga: Memahami Tritunggal Ternyata Mudah

 

2. Yesus Sepenuhnya Tuhan

Yesus adalah pribadi lain dari Allah. Dia hadir ke dunia dengan mengadopsi seluruhnya kepribadian manusia. Allah yang penuh kuasa dan unik itu berinisiatif melakukannya. 

Kedatangan Yesus sendiri sudah dinubuatkan jauh sebelumnya melalui nabi Yesaya.

“Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.” (Yesaya 9: 6)

Perlu dicatat bahwa Alkitab mencatat bahwa Yesus adalah Tuhan sepenuhnya, bukan hanya 50% manusia dan 50% Allah, tetapi 100% Tuhan dan 100% manusia. Kita tentu saja tidak bisa memahami bagaimana mungkin Yesus menjelma sebagai Tuhan sekaligus manusia yang hadir di dunia. Tetapi Kolose 2: 9-10 menyampaikan, “Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan, dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa.”

Ibrani 1: 3-4 juga menegaskan hal ini bahwa, “Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.”

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Bible.org
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami